Tips Terbaik dalam Menentukan desain rumah minimalis unik

Alasan kenapa sebagian orang menyukai desain rumah klasik ialah selain memiliki desain yang indah juga punya punya nilai seni tersendiri. Akhir tahun 70-an, desain rumah klasik mulai menyebar dan digunakan oleh sebagian orang-orang yang mampu dikala itu. Seiring berjalannya waktu, desain tersebut nampak kurang cocok bila diterapkan didaerah padat penduduk, sehingga desain jenis ini mulai ditinggalkan.

Namun dimasa-masa ini, banyak orang yang mulai melirik desain klasik. Namun dengan sedikit pengubahan pada desainnya seperti dibuat minimalis sehingga cocok untuk daerah perkotaan. Bila dibandingkan dengan pembuatan desain modern, desain tipe satu ini selalu menyertakan bahan alam seperi halnya kayu.

Salah satu hal yang menjadi ciri khas dari desain rumah klasik adalah style arsitektur yang dimilikinya. Namun tak hanya itu saja ciri khasnya, ada banyak ciri khas lain yang dapat ditemukan di rumah klasik tersebut. Diantaranya meliputi:

  1. Ruangan lebih luas

Jika anda pernah mengunjungi rumah bergaya klasik, pasti merasakan rumah lebih adem dan sejuk walau tidak menggunakan kipas ataupun AC. Selain itu, antar satu ruang dengan ruang lainnya pun dibat secara terpisah. Ruangan yang paling luas adalah ruang tamu.

  1. Komposisi bangunan yang simetris

Bila kita perhatikan secara seksama, rumah dengan desain klasik memilki desain yang simetris. Tak hanya itu, faktor eksterior dan interiornya pun begitu diperhatikan. Faktor internal dan eksternal pun biasanya dibuat lebih dari kebutuhan. Hal ini fungsinya sebagai tempat untuk menampung suatu hal bila sedang diperlukan.

  1. Plafon yang lebih tinggi

Apabila rumah modern jarak antara plafon dengan lantai paling tinggi hanya berkisar 3 sampai 3,5 meter, jika rumah klasik dibuat setinggi mungkin, yaitu bisa mencapai 3,5 meter ke atas. Bahkan kebanyakan rumah langsung terhubung ke atap tanpa dibuat plafon atau langit-langit yang terbuat dari gips atau eternit.

  1. Pemilihan material tertentu

Dalam pembangunannya, semua susunan material dipilih dengan seksama dan cermat. Hal ini bertujuan demi kekuatan dan keawetan rumah itu sendiri. Sebagai contohnya penggunaan inti kayu tertentu, besi cord, marmer atau bahan alam lainnya yang sangat terpilih.

  1. Tidak memiliki banyak model dan warna

Selanjutnya adalah bahwa rumah klasik tidak memiliki model maupun warna yang terlalu menonjolkan diri. Pasalnya hal ini dibuat agar menonjolkan sifat kalem tersebut. Biasanya rumah klasik hanya memiliki 1 lantai, tapi saat ini sudah banyak rumah klasik modern 2 lantai yang cocok diaplikasikan diperkotaan.

Menentukan desain rumah minimalis unik

Ada beberapa macam hal yang dapat anda gunakan sebelum membangun desain rumah klasik minimalis. Berikut diantaranya:

  1. Memilih tipe rumah

Tipe rumah harus benar-benar diperhatikan guna bisa menentukan arah pengerjaan kedepannya. Anda bisa melihat dahulu berbagai contoh tipe rumah yang ada saat ini. desain rumah minimalis unik adalah salah satu jenis dari tipe rumah yang paling laris saat ini. Selain membutuhkan ruang yang sempit, pembuatannya pun lebih simpel. Rancangan desain dapat dilakukan dengan mudah apabila kita sudah menentukan tipe rumah sesuai yang kita inginkan.

  1. Berkonsultasi kepada desainer

Bisa dibilang jasa seorang desainer atau konsultan arsitek sangat berperan penting dalam hal ini. Apabila menggunakan jasa konsultan arsitek, kita nantinya akan dibantu sepenuhnya soal urusan desain, termasuk diberikan berbagai tips dan saran untuk kita. Sekarang jasa desainer baik panggilan maupun konsultasi secara online sudah sangat banyak, anda bisa memilih jasa yang terbaik di sekitar tempat tinggal anda.

  1. Perhatikan keuangan anda

Hal yang terakhir ini juga sangat perlu diperhatikan. Pasalnya, kita harus menyesuaikan keuangan dengan rumah yang akan dibuatnya nanti. Jika tiba-tiba ditengah proses uang kita sudah habis dulu kan malah akan mangkrak dan bisa rugi sendiri nantinya. Jadi sedari awal kita harus mulai menyesuaikan keuangan dengan berbagai faktor-faktor yang nantinya dibutuhkan.

Demikianlah pembahasan mengenai berbagai macam tips menentukan desain rumah minimalis unik yang bisa anda pelajari. Sehingga ketika ingin membuat rumah dengan style tempo dulu ini sudah tahu gambarannya.