Tips Mudah untuk Ciptakan desain rumah minimalis terbaru

Ciri khas rumah klasik tidak hanya menceriminkan bentuknya saja, nilai seni yang terdapat disetiap ujung sudut rumah pun menjadi ciri khas yang justru menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian orang. Pada awal tahun 1980-an, desain klasik mulai diterapkan pada rumah-rumah di Indonesia dan digunakan oleh masyarakat keratonan. Namun seiring perkembangan zaman desain semacam itu mulai tidak disukai dengan selera kebanyakan orang sehingga mulai ditinggalkan.

Akan tetapi sekarang rumah klasik mulai banyak dilirik kembali oleh orang banyak. Bahkan di daerah perkotaan pun rumah klasik minimalis sudah seringkali ditemui. Bila dibandingkan dengan pembuatan desain modern, desain tipe satu ini selalu menyertakan bahan alam seperi halnya kayu.

Perlu anda ketahui, bahwa desain rumah klasik memiliki arsitektur yang khas. Akan tetapi sebenarnya itu bukan ciri satu-satunya. Ada berbagai ciri lain yang nampak dari desain klasik. Diantaranya adalah:

  1. Ruangan lebih luas

Jika anda pernah mengunjungi rumah bergaya klasik, pasti merasakan rumah lebih adem dan sejuk walau tidak menggunakan kipas ataupun AC. Tak hanya itu, jendelanya pun dibuat dengan menggunakan ukurang yang besar. Hal ini memungkinkan udara segar lebih banyak masuk.

  1. Komposisi bangunan yang simetris

Bila kita perhatikan secara seksama, rumah dengan desain klasik memilki desain yang simetris. Tak hanya itu, faktor eksterior dan interiornya pun begitu diperhatikan. Contohnya bisa dibuat perluasan pada halaman. Karena halamannya nanti tidak hanya digunakan berdasarkan kebutuhan saja, namun juga berdasarkan banyak hal saat ada keperluan.

  1. Plafon yang lebih tinggi

Salah satu ciri dari rumah klasik adalah bahwa pembuatan plafonnya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan rumah modern. Ketinggiannya bisa mencapai lebih dari 3,5 meter. Tak hanya itu, kadang-kadang bahkan rumah dibuat tanpa memiliki plafon agar kesan sejuknya lebih terasa.

  1. Pemilihan material tertentu

Salah satu ciri khas yang terlihat dari rumah klasik adalah pemilihan material yang tepat dan tak sembarangan. Misalnya memilih bahan yang kuat dan awet. Misalnya pemilihan genteng dibandingkan seng, penggunaan besi chord, pemilihan marmer dibanding keramik biasa dan lainnya.

  1. Tidak memiliki banyak model dan warna

Selanjutnya adalah bahwa rumah klasik tidak memiliki model maupun warna yang terlalu menonjolkan diri. Pasalnya hal ini dibuat agar menonjolkan sifat kalem tersebut. Biasanya rumah klasik hanya memiliki 1 lantai, tapi saat ini sudah banyak rumah klasik modern 2 lantai yang cocok diaplikasikan diperkotaan.

Poin-poin Penting dalam Membuat desain rumah minimalis terbaru

Ada beberapa macam hal yang dapat anda gunakan sebelum membangun desain rumah klasik minimalis. Berikut diantaranya:

  1. Memilih tipe rumah

Langkah pertama yang bisa kita gunakan adalah memilih tipe rumah yang tepat. Caranya adalah bisa dengan melihat berbagai macam referensi tipe rumah klasik. Sekarang jenis desain rumah minimalis terbaru merupakan tipe rumah yang paling disukai bila dibandingkan dengan tipe eropa, amerika, jawa ataupun tipe modern lainnya. Kita dapat menentukan desain yang tepat setelah tahap ini kelar. Sehingga berbagai macam tahap seperti pembuatan sketsa, perancangan dan lainnya dapat segera dibuat.

  1. Berkonsultasi kepada desainer

Kita akan sangat membutuhkan jasa desainer bila memang kita tidak bisa mendesain rumah sendiri. Dengan bantuan mereka, progress justru akan menjadi lebih mudah. Apabila menggunakan jasa konsultan arsitek, kita nantinya akan dibantu sepenuhnya soal urusan desain, termasuk diberikan berbagai tips dan saran untuk kita. Saat ini anda tidak perlu kesulitan lagi dalam menemukan jasanya. Karena banyak dari mereka yang menyediakan penawaran jasa secara online disekitar kita.

  1. Perhatikan keuangan anda

Memperhatikan budget merupakan faktor yang tak kalah penting untuk diperhatikan. Pasalnya bila tidak merencanakan budget dari awal, lalu tiba-tiba kehabisan dana ditengah progress, tentunya akan menimbulkan masalah tersendiri. Jadi sedari awal bila kita ingin mendesain rumah klasik, maka harus disesuaikan dengan seberapa banyak dana yang dimiliki agar bisa disesuaikan.

Bagaimana? Apakah sudah paham dengan beberapa pembahasan terkait desain rumah minimalis terbaru ini? Semoga dapat memberikan manfaat bagi anda.