Tips Mudah untuk Ciptakan desain rumah minimalis dan denahnya

Alasan kenapa sebagian orang menyukai desain rumah klasik ialah selain memiliki desain yang indah juga punya punya nilai seni tersendiri. Pada mulanya, desain klasik muncul sekitar akhir tahun 70-an atau pada awal tahun 80-an. Karena bentuknya yang khas, desain ini tidak cocok diaplikasikan di perkotaan. Sehingga lambat laun desain klasik mulai ditinggalkan.

Namun dimasa-masa ini, banyak orang yang mulai melirik desain klasik. Namun dengan sedikit pengubahan pada desainnya seperti dibuat minimalis sehingga cocok untuk daerah perkotaan. Akan tetapi yang sering menjadi kendala, rumah klasik membutuhkan berbagai bahan-bahan alam seperti kayu yang cenderung lebih banyak daripada rumah bergaya modern saat ini.

Bila dilihat secara sepintas, arsitektur dari rumah ini seakan menjadi ciri khas utama. Namun sebenarnya ada berbagai ciri khas lain yang melekat pada rumah ini. Diantaranya adalah:

  1. Ruangan lebih luas

Ruangan yang dibuat dengan desain klasik ini lebih luas sehingga berakibat pada suhu udara yang lebih sejuk dan mampu menampung banyak orang. Ruang tamu adalah ruang yang paling besar dari semua ruangan. Karena ruangan ini biasa digunakan untuk menerima tamu saat hari-hari tertentu.

  1. Komposisi bangunan yang simetris

Ciri khas selanjutnya adalah bahwa rumah yang mengusung desain klasik memiliki komposisi bangunan yang simetris. Contohnya bisa dibuat perluasan pada halaman. Karena halamannya nanti tidak hanya digunakan berdasarkan kebutuhan saja, namun juga berdasarkan banyak hal saat ada keperluan.

  1. Plafon yang lebih tinggi

Jika dibandingkan dengan rumah gaya modern, jarak antara pembuatan plafon pada rumah gaya klasik lebih tinggi. Bisa selisih lebih dari 2 meter. Bahkan tak jarang rumah dibuat langsung ke atap tanpa dibuat plafon dari gips atau eternit. Hal ini agar nampak lebih leluasa.

  1. Pemilihan material tertentu

Susunan material yang digunakan untuk membuat rumah klasik tidak sembarangan. Pembuatannya mementingkan kekuatan dan keawetan. Karena itulah rumah klasik lebih tampak premium dibandingkan dengan rumah jenis biasa. Misalnya menggunakan inti kayu, marmer, besi chord lainnya.

  1. Tidak memiliki banyak model dan warna

Ciri khas selanjutnya adalah bahwa rumah klasik punya warna dan model yang lebih kalem dan tidak terlalu menonjolkan banyak warna. Warnanya juga dipilih yang cerah, misalnya putih, kuning muda, biru muda dan sejenisnya. Di era saat ini, rumah klasik banyak yang menonjolkan sifat modern. Misalnya pembuatan 2 lantai dibandingkan 1 lantai.

Poin-poin Penting dalam Membuat desain rumah minimalis dan denahnya

Apabila anda berencana untuk membangun rumah dengan gaya klasik minimalis, maka alangkah baiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini.

  1. Memilih tipe rumah

Tipe rumah wajib kita perhatikan secara matang guna dapat menentukan arah pengerjaan rumah kedepannya. Misalnya rumah klasik mewah, rumah klasik gaya eropa, gaya jawa, gaya modern 1 lantai atau 2 lantai, desain rumah minimalis dan denahnya atau sederhana dan lainnya. Rancangan desain dapat dilakukan dengan mudah apabila kita sudah menentukan tipe rumah sesuai yang kita inginkan.

  1. Berkonsultasi kepada desainer

Bisa dibilang jasa seorang desainer atau konsultan arsitek sangat berperan penting dalam hal ini. Ada berbagai keuntungan yang kita dapatkan bila menggunakan jasa mereka. Misalnya mendapatkan saran, arahan penting, dan juga tips terbaiknya. Saat ini anda tidak perlu kesulitan lagi dalam menemukan jasanya. Karena banyak dari mereka yang menyediakan penawaran jasa secara online disekitar kita.

  1. Perhatikan keuangan anda

Persiapan dan perencaaan pendanaan sangat penting. Faktor keuangan seringkali menjadi hambatan yang menyebabkan suatu proyek gagal ditengah jalan. Dan akibatnya mengalami kerugian yang cukup besar. Misalnya bila terjadi pemilihan tipe rumah yang salah, tentunya budget akan melenceng jauh dari perencanaan. Maka dari itu, perhatikan hal-hal lain juga yang terkait dengan budget.

Semoga pembahasan mengenai desain rumah minimalis dan denahnya ini dapat memberikan pencerahan untuk anda yang mau membangun rumah klasik tempo dulu bergaya modern.