Tips Mudah untuk Ciptakan desain rumah klasik minimalis

Ciri khas rumah klasik tidak hanya menceriminkan bentuknya saja, nilai seni yang terdapat disetiap ujung sudut rumah pun menjadi ciri khas yang justru menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian orang. Pada mulanya, desain klasik muncul sekitar akhir tahun 70-an atau pada awal tahun 80-an. Karena bentuknya yang khas, desain ini tidak cocok diaplikasikan di perkotaan. Sehingga lambat laun desain klasik mulai ditinggalkan.

Namun dimasa-masa ini, banyak orang yang mulai melirik desain klasik. Namun dengan sedikit pengubahan pada desainnya seperti dibuat minimalis sehingga cocok untuk daerah perkotaan. Salah satu yang menjadi kendala dalam pembuatan rumah berdesain klasik ini adalah kebutuhan bahan alam seperti kayu begitu tinggi sehingga membutuhkan biaya yang lebih banyak.

Bila dilihat secara sepintas, arsitektur dari rumah ini seakan menjadi ciri khas utama. Namun sebenarnya ada berbagai ciri khas lain yang melekat pada rumah ini. Diantaranya adalah:

  1. Ruangan lebih luas

Ruangan dibuat lebih luas bertujuan agar rumah terasa lebih sejuk dan lebih bebas untuk kegiatan apapun. Selain itu, antar satu ruang dengan ruang lainnya pun dibat secara terpisah. Ruangan yang paling luas adalah ruang tamu.

  1. Komposisi bangunan yang simetris

Selain menonjolkan faktor interior dan eksterior, usungan bangunan simetris pun nampak pada desain rumah klasik. Misalnya membuat halaman yang lebih luas. Jadi dalam pembuatannya tidak hanya dibuat sesuai kebutuhan saja, namun ada sisa-sisa yang dibuat untuk suatu keperluan lain.

  1. Plafon yang lebih tinggi

Salah satu ciri dari rumah klasik adalah bahwa pembuatan plafonnya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan rumah modern. Ketinggiannya bisa mencapai lebih dari 3,5 meter. Selain itu kebanyakan rumah pun dibuat tanpa memiliki plafon, yaitu langsung terhubung ke atap rumah. Sehingga kesan luasnya lebih terasa.

  1. Pemilihan material tertentu

Susunan material yang digunakan untuk membuat rumah klasik tidak sembarangan. Pembuatannya mementingkan kekuatan dan keawetan. Sebagai contohnya penggunaan inti kayu tertentu, besi cord, marmer atau bahan alam lainnya yang sangat terpilih.

  1. Tidak memiliki banyak model dan warna

Ciri khas selanjutnya adalah bahwa rumah klasik punya warna dan model yang lebih kalem dan tidak terlalu menonjolkan banyak warna. Warnanya juga dipilih yang cerah, misalnya putih, kuning muda, biru muda dan sejenisnya. Agar bisa diaplikasikan disemua daerah terutama perkotaan, maka rumah jenis ini pun dibuat lebih berkembang. Misalnya membuat dalam model 2 lantai.

Menentukan desain rumah klasik minimalis

Berikut adalah beberapa hal yang perlu kita perhatikan saat ingin membangun rumah dengan desain klasik.

  1. Memilih tipe rumah

Untuk bisa memilih tipe rumah yang tepat adalah kita harus banyak banyak membaca referensi dari berbagai macam sumber. desain rumah klasik minimalis adalah salah satu jenis dari tipe rumah yang paling laris saat ini. Selain membutuhkan ruang yang sempit, pembuatannya pun lebih simpel. Jika hal ini sudah dilakukan anda akan mampu menentukan rancangan dan gambaran yang lebih tepat.

  1. Berkonsultasi kepada desainer

Kita akan sangat membutuhkan jasa desainer bila memang kita tidak bisa mendesain rumah sendiri. Dengan bantuan mereka, progress justru akan menjadi lebih mudah. Dengan kita berhubungan dengan mereka, maka tentunya berbagai saran, tips, hingga arahan-arahan akan dibantu sepenuhnya. Sekarang jasa desainer baik panggilan maupun konsultasi secara online sudah sangat banyak, anda bisa memilih jasa yang terbaik di sekitar tempat tinggal anda.

  1. Perhatikan keuangan anda

Hal yang terakhir ini juga sangat perlu diperhatikan. Pasalnya, kita harus menyesuaikan keuangan dengan rumah yang akan dibuatnya nanti. Jika tiba-tiba ditengah proses uang kita sudah habis dulu kan malah akan mangkrak dan bisa rugi sendiri nantinya. Misalnya bila terjadi pemilihan tipe rumah yang salah, tentunya budget akan melenceng jauh dari perencanaan. Maka dari itu, perhatikan hal-hal lain juga yang terkait dengan budget.

Demikianlah pembahasan mengenai berbagai macam tips menentukan desain rumah klasik minimalis yang bisa anda pelajari. Sehingga ketika ingin membuat rumah dengan style tempo dulu ini sudah tahu gambarannya.