Membuat rangka atap carport dari kayu atau baja ringan, jangan abaikan hal ini

Agar dapat difungsikan dengan baik, kestabilan carport menjadi hal utama agar tetap nyaman digunakan. apa guna rangka atap carport di rumah Anda? Unsur rumah yang berada di luar ruang ini sering kati difungsikan sebagai tempat kendaraan bernaung sekaligus peLindung dari perubahan cuaca. Jika Iahan Iebih Iuas, tak jarang carportdifungsikan sebagai bagian dari teras.

Tampilan sebuah carport juga mengemban fungsi sebagai daya tarik dari fasad rumah. Fungsi carport rangka kayu yang cukup beragam di rumah membuatnya harus memiliki stabilitas yang baik. Kestabilan dari carport dipengaruhi oleh sambungan yang membangun carport tersebut agar tetap atau fixed. jika bangunan carport memiliki bentuk yang tetap, maka keselamatan dan keamanan kendaraan ataupun pengguna akan terjamin.

Pilihan Sambungan Untuk mendapatkan sambungan yang baik pada bangunan carport, terdapat beberapa pilihan proses pengerjaan (fixing) yang tersedia. Pemilihan proses tersebut pada praktiknya saling terkait dengan material dan juga bentuk akhir dari carport itu sendiri. lnilah beberapa pilihan fixing pada carport.

  1. Las

Las adalah salah satu cara penyambungan besi dengan cara membakarnya. Carport yang menggunakan las untuk proses fixing lazimnya dilakukan jika material logam digunakan secara dominan. Rangka carport adalah salah satu contoh bagian carport berupa susunan logam rapi. Agar tetap stabil, dilakukan pengetasan pada setiap logam yang menyusun agar saling mengikat erat. Pengikatan permanen dengan dilas membuat bentuk dari rangka carport tidak berubah.

pengelasan rangka carport yang terbuat dari logam memiliki beberapa kelebihan. praktis, rapi, dan tak sulit dirawat karena mudah dibersihkan adalah beberapa diantaranya. namun pengelasan memiliki kekurangan berupa takkan  mudah dibongkar tanpa merusak sebagian material penyusunnya. kekurangan lain dari pengelasan adalah hanya dapat dilakukan untuk material logam dan tidak dilakukan untuk material nonlogam seperti kayu, karena dapat membakar.

  1. mur dan Baut

Menurut Kamus Besar Bahasa lndonesia, mur adalah pelat Logam dari bermacam bentuk, biasanya segi enam atau segi empat, mempunyai lubang berulir sekrup untuk menguatkan baut. Sedangkan baut adalah besi batangan yang berulir (untuk menyambung atau mengikat dua benda), biasanya dipasangkan dengan mur. Memiliki carport tak selamanya hanya terbuat dari satu jenis materiaL saja.

Ada beberapa pemilik rumah yang menghendaki agar carport di rumahnya terbuat dari beragam material yang tersusun rapi. Kaca, kayu, hingga logam adalah material yang bisa digunakan. Agar kolaborasi dapat tercipta dengan baik, maka fixing yang dapat dipilih adalah dengan menggunakan mur dan baut. Penggunaan mur baut pada material penyusun carport diLakukan dengan cara membuat lubang di beberapa titik pengikat dengan letak sama. Kemudian, dipasangi mur dan baut di lubang tersebut yang dapat dikencangkan atau dilonggarkan.

kelebihan menggunakan mur dan baut adalah material dari cartport dapat mudah dibongkar-pasang hingga mudah dirawat atau diganti jika mengalami kerusakan. selain itu, material tidak akan mengalami perubahan bentuk kecuali di lubang tempat baut. tetapi jika tidak dirawat dengan baik, mur dan baut dapat mengalami karat yang berakibat sulit dibuka, ataupun jika terlalu longgar maka dapat mudah terlepas dan membahayakan pengguna.

  1. semen

Dinding yang tersusun dari tembok semen tak selamanya memberi kesan masif. Pada penyugunan carport yang juga disebut sebagai “garasi darurat”, dinding tembok semen dapat menjadi pilihan fixing yangcukup berpengaruh pada bentuk dan penyusun carport. dinding tembok semen memiliki kelebihan bentuk yang tetap dan mengikat secara kuat terhadap material. logam dan nonlogam dapat dipadukan dengan baik pada dinding semen.

Ia pun dapat dipadukan dengan fixing lainnya seperti penggunaan mur dan baut, meskipun memiliki beberapa kelebihan, dinding semen memiliki kekurangan berupa perawatan dan perbaikan yang perlu dilakukan berkala agar tetap aman. hal ini dapat terjadi jika dinding semen mengalami keretakan sehingga dapat membahayakan struktur carport dan harus segera diperbaiki.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *