Memanfaatkan kolong tangga untuk Peralatan

Anda dapat memanfaatkan kolong tangga menjadi ruang simpan segala perlengkapan rumah. ada banvak cara mengolah area di kolong tangga menjadi ruang yang berguna. Anda dapat membangun rak sepatu, rak perkakas mobil, atau peralatan kebersihan.

Tujuan membuat rak tentu saja agar ruang di kolong tangga tidak mubazir. Itulah barangkali menjadi satu alasan lna Rachmawati saat mengolah kolong tangga menjadi gudang mini perlengkapan rumah. la membuat rak-rak yang digunakan untuk menyimpan alat-alat kebersihan dan perlengkapan rumah. “Biar rapi, saya kelompokkan dalam satu tempat. Cara ini mempermudah asisten rumah untuk mengambilnya.

Tidak perlu cari sapu kemana-mana,” kata Ina, arsitek yang membangun rumahnya sendiri. Di lemari itu, lna membagi tiga kompartemen penyimpanan. Dua kompartemen untuk menyimpan peralatan yang tinggi sepedi kain pel, sapu, atau pembersih debu, sementara kompartemen lainnya untuk deterjen, kain lap, dan ember. Dengan cara ini, peralatan dibagi sesuai peruntukan.

Lampu dan bahan ringan

Menurut lna, pembangunan lemari sebagai gudang ini perlu menyesuaikan kondisi tangga. lna memberi contoh mengenai kemiringan tangga yang dapat mempengaruhi jumlah komparlemen dan alat-alat yang kelak disimpan. Perhatian lain, kata lna, biasanya pada penempatan lampu di kolong tangga. Ia menyarankan pemasangan lampu di bagian atas atau sudut tangga.

“Kalau bisa letaknya tidak menggangu orang yang akan mengambil alat kebersihan,” katanya. Jenis lampu yang digunakan bisa apa saja, asalkan bohlamnya dibungkus dengan rumah lampu. lna menggunakan papan biasa untuk ambalan dan daun pintu. Papan-papan itu dilapis dengan HPL dengan corak serat kayu.

“Papan bisa dipasang tukang biasa. Papan dengan HPL juga gak repot dibersihkan,” tutur lna Untuk pemasangan lemari simpan ini tidak memerlukan keahlian khusus. Sebelum dipasang, papan-papan dipotong sesuai dengan ukuran kemiringan tangga. Setelah itu, papan diikat dengan menggunakan paku sekrup. Bagian dalam papan dilapis dengan melamin, sementara bagian luarnya (daun pintu) menggunakan HPL. Selain mudah dibersihkan, HPL luga dapat dilepas pasang. Praktis.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *