Mau Tips jasa desain rumah arsitekYang Tepat? Perhatikan di Bawah Ini!

jasa desain rumah arsitek sangat diperlukan teruntuk Anda yang ingin membangun rumah apalagi rumah dengan bentuk design yang berbeda dengan yang lainnya. Anda tidak perlu khawatir saat ini sudah banyak tempat yang menyediakan jasa tersebut untuk membantu mendesain rumah seperti yang anda impikan. Akan tetapi, terdapat berapa hal yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu.

Pertama adalah cari tahu tempat mana saja yang menyediakan jasa pembuatan tersebut.  Anda bisa mencari aneka tempat tersebut melalui internet ataupun bertanya pada teman atau kerabat yang sebelumnya sudah pernah memanfaatkan jasa serupa. Yang kedua yaitu, mencari informasi mengenai perusahaan tersebut dan pengalaman kerjanya. Anda juga wajib melihat track record dari penyedia jasa desain rumah tersebut.

Seperti apa testimoni klien yang pernah memakai jasanya, siapa saja kliennya, dan bagaimana hasil karyanya, atau hal lain yang bersangkutan dengan pembuatan konsep desain hunian atau bangunan lainnya.

Biaya Jasa Desain Rumah

Ketiga yaitu perihal budget yang ditawarkan. Semakin bagus design rumah yang dihasilkan maka biaya yang harus dibayarkan semakin tinggi. Harga yang mahal untuk jasa tersebut juga di pengaruhi beberapa hal, diantaranya :

  • Design bangunan yang rumit.
  • Waktu pengerjaan yang terbatas.
  • Nama perusahaan yang menyediakan jasa desain hunian, semakin perusahaan tersebut dikenal banyak orang semakin tinggi tarifnya.

Lingkup Kerja Jasa Desain Rumah

Masing-masing tempat yang menyediakan jasa untuk membuat atau design rumah memiliki ketentuan sendiri dengan lingkup kerja yang berbeda satu dengan yang lainnya. Misalnya ada perusahaan jasa desain rumah yang hanya bisa mendesain untuk arsitekture , interior, atau eksterior, jadi harus memerlukan kerja sama dengan yang lain untuk membangun sebuah rumah. Ada lagi tempat yang terbilang lengkap karena telah menawarkan jasa mendesain rumah dengan pembangunannya sekaligus. Semuanya tentu dapat Anda pilih sesuai kebutuhan masing-masing. Agar lebih jelasnya dan Anda tidak salah dalam memilih maka sebaiknya Anda tanyakan kepada tempat yang menyediakan jasa tersebut mengenai lingkup kerja atau fasilitas yang diberikan.

Syarat dan Ketentuan Jasa Desain Rumah

Sebelum anda setuju untuk pemakaian jasa desain rumah yang mana sebaiknya anda menanyakan terlebih dahulu mengenai syarat dan ketentuannya, karena setiap tempat mempunyai syarat dan ketentuan yang berbeda untuk bisa memakai jasanya. Dan juga sebelum Anda menyetujui semua perjanjian yang ada , sebaiknya teliti dan pastikan dari kontrak tersebuat semua sesuai dengan Anda atau jika ada yang kurang dimengerti bisa ditanyakan.

Konsep Rumah Minimalis Dalam Jasa Desain Rumah

Konsep rumah minimalis termasuk konsep yang banyak dipilih untuk diterapkan. Apalagi jika mengingat semakin terbatasnya lahan yang ada sehingga konsep ini menjadi pilihan utama. Beberapa faktor mengapa memilih membangun rumah gaya minimalis :

  • Yang pertama adalah masalah dana, di mana untuk membangun rumah yang besar tentu akan dibutuhan dana yang besar.
  • Hanya untuk keluarga yang anggotanya tidak terlalu banyak, misalkan 4 orang.
  • Keinginan pribadi.
  • Ingin membuat halaman yang lebih luas dibandingkan dengan rumah.

Anda bisa memilih dari berbagai pilihan desain rumah minimalis sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Ada rumah yang hanya memiliki 3 tempat tidur yang ukurannya kecil, 2 ruang tidur, atau design dengan konsep rumah terbuka sehingga antara ruang yang satu dengan yang lain, kecuali tempat tidur dan kamar mandi, tidak dilengkapi dengan sekat sehingga menyebabkan rumah terlihat lebih luas. Setidaknya terdapat tiga tipe rumah minimalis yang dapat Anda pilih dalam jasa desain rumah arsitek. Ketiganya adalah:

  • Tipe 36, tipe ini termasuk tipe ideal untuk rumah berkonsep minimalis.
  • Panjang serta lebar bangunan adalah 6 x 5 meter persegi dan dibangun di atas lahan seluas 30 meter persegi, sehingga hunian ini tetap terasa nyaman walau ukuran tidak terlalu besar.
  • Tipe 45 merupakan tipe yang paling diminati masyarakat.
  • Biasanya, tipe 45 ini dibuat menjadi rumah dengan dua lantai agar tersedia lebih banyak ruangan.
  • Tipe yang paling besar diantara lainnya yaitu tipe 54 karena mempunyai ruangan yang lebih luas sehinga cocok untuk keluarga besar walaupun tidak berlantai 2.