Mau Membuat desain rumah minimalis nuansa alam? Pastikan Pahami Tips Berikut!

Salah satu ciri khas yang paling menonjol dari rumah klasik selain dilihat dari bentuknya adalah nilai seni yang ada didalamnya. Awal mula penggunaan desain klasik pada rumah sebenarnya terjadi pada awal tahun 80-an atau akhir tahun 70-an. Seiring berjalannya waktu, desain tersebut nampak kurang cocok bila diterapkan didaerah padat penduduk, sehingga desain jenis ini mulai ditinggalkan.

Desain rumah klasik dimasa kini mulai banyak yang menerapkannya kembali. Karena bila diubah kedalam bentuk minimalis, maka diterapkan di perkotaan pun cocok. Bila dibandingkan dengan pembuatan desain modern, desain tipe satu ini selalu menyertakan bahan alam seperi halnya kayu.

Berikut ini adalah beberapa ciri khas yang tampak dari sebuah desain rumah klasik yang mungkin banyak orang tidak mengetahuinya. Silakan simak poin-poinnya:

  1. Ruangan lebih luas

Salah satu karakter yang bisa dirakan bila kita memasukinya adalah bahwa rumah klasik jauh lebih lega dan sejuk karena ruangannya lebih luas. Jendela yang mereka buat pun lebih besar sehingga udara segar lebih banyak yang masuk. Antar satu ruang dengan ruangan yang lainnya pun dibuat secara terpisah.

  1. Komposisi bangunan yang simetris

Jika kita perhatikan, usungan desain klasik membawa komposisi bangunan yang simetris. Selain itu, faktor interior dan eksterior pun sangat diperhatikan. Contohnya bisa dibuat perluasan pada halaman. Karena halamannya nanti tidak hanya digunakan berdasarkan kebutuhan saja, namun juga berdasarkan banyak hal saat ada keperluan.

  1. Plafon yang lebih tinggi

Jika kita amati rumah dengan desain modern hanya berjarak 3 meter hingga 3,5, namun pada rumah klasik memiliki jarak hingga jarak 3,5 meter, bahkan lebih tinggi. Bahkan tak jarang rumah dibuat langsung ke atap tanpa dibuat plafon dari gips atau eternit. Hal ini agar nampak lebih leluasa.

  1. Pemilihan material tertentu

Bahan material yang digunakan selain menonjolkan keindahan juga mengandalkan keawetan. Sehingga rumah bisa bertahan lama walau terbuat dari bahan alam. Sebagai contohnya penggunaan inti kayu tertentu, besi cord, marmer atau bahan alam lainnya yang sangat terpilih.

  1. Tidak memiliki banyak model dan warna

Penggunaan model serta warnanya pun tidak terlalu berlebihan. Misalnya warna yang digunakan tidak terlalu banyak kombinasi. Di era saat ini, rumah klasik banyak yang menonjolkan sifat modern. Misalnya pembuatan 2 lantai dibandingkan 1 lantai.

Tips yang Wajib Diperhatikan Dalam Memilih desain rumah minimalis nuansa alam

Berikut adalah beberapa hal yang perlu kita perhatikan saat ingin membangun rumah dengan desain klasik.

  1. Memilih tipe rumah

Untuk bisa memilih tipe rumah yang tepat adalah kita harus banyak banyak membaca referensi dari berbagai macam sumber. Sekarang jenis desain rumah minimalis nuansa alam merupakan tipe rumah yang paling disukai bila dibandingkan dengan tipe eropa, amerika, jawa ataupun tipe modern lainnya. Tipe rumah ini sangat menentukan tahap selanjutnya dalam desain seperti halnya pembuatan sketa, perancangan, dan lainnya.

  1. Berkonsultasi kepada desainer

Jika anda bukan seorang desainer, maka berkonsultasi kepada jasa arsitek atau desainer sangat berguna demi kelancaran progress. Bila kita gunakan jasanya, berbagai macam tips, arahan, dan sara-saran penting pasti akan kita dapatkan. Jika anda mau menggunakan jasanya, sekarang sudah tak perlu khawatir lagi untuk menemkannya. Karena mereka sudah banyak sekali jasa mereka disekitar kita.

  1. Perhatikan keuangan anda

Kita bisa rugi besar bila tidak memperhatikan poin terakhir ini. Bila kehabisan uang dan proyek gagal ditengah jalan, pasti kita sendiri yang akan menyesal. Untuk itu budget harus direncanakan sedari awal. Jadi sedari awal bila kita ingin mendesain rumah klasik, maka harus disesuaikan dengan seberapa banyak dana yang dimiliki agar bisa disesuaikan.

Demikianlah sedikit pembahasan mengenai berbagai macam tips untuk menentukan desain rumah minimalis nuansa alam yang bisa anda pelajari. Semoga berguna bagi kita semua.