Mau Membuat desain rumah minimalis gaya bali? Pastikan Pahami Tips Berikut!

Alasan kenapa sebagian orang menyukai desain rumah klasik ialah selain memiliki desain yang indah juga punya punya nilai seni tersendiri. Penggunaan desain klasik mulai digunakan di indonesia pada era 70-an akhir atau awal era 80-an yang  digunakan oleh sebagian orang kelas atas. Karena bentuknya yang khas, desain ini tidak cocok diaplikasikan di perkotaan. Sehingga lambat laun desain klasik mulai ditinggalkan.

Namun dimasa-masa ini, banyak orang yang mulai melirik desain klasik. Namun dengan sedikit pengubahan pada desainnya seperti dibuat minimalis sehingga cocok untuk daerah perkotaan. Bila dibandingkan dengan pembuatan desain modern, desain tipe satu ini selalu menyertakan bahan alam seperi halnya kayu.

Bila dilihat secara sepintas, arsitektur dari rumah ini seakan menjadi ciri khas utama. Namun sebenarnya ada berbagai ciri khas lain yang melekat pada rumah ini. Diantaranya adalah:

  1. Ruangan lebih luas

Ruangan yang dibuat dengan desain klasik ini lebih luas sehingga berakibat pada suhu udara yang lebih sejuk dan mampu menampung banyak orang. Hal ini disebabkan selain karena pembuatan jendela yang lebih besar juga antar ruang yang ada didalamnya dibuat terpisah dan dengan ukuran yang lebih luas.

  1. Komposisi bangunan yang simetris

Bila kita perhatikan secara seksama, rumah dengan desain klasik memilki desain yang simetris. Tak hanya itu, faktor eksterior dan interiornya pun begitu diperhatikan. Faktor internal dan eksternal pun biasanya dibuat lebih dari kebutuhan. Hal ini fungsinya sebagai tempat untuk menampung suatu hal bila sedang diperlukan.

  1. Plafon yang lebih tinggi

Salah satu ciri dari rumah klasik adalah bahwa pembuatan plafonnya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan rumah modern. Ketinggiannya bisa mencapai lebih dari 3,5 meter. Tak hanya itu, kadang-kadang bahkan rumah dibuat tanpa memiliki plafon agar kesan sejuknya lebih terasa.

  1. Pemilihan material tertentu

Bahan material yang digunakan selain menonjolkan keindahan juga mengandalkan keawetan. Sehingga rumah bisa bertahan lama walau terbuat dari bahan alam. Karena itulah rumah klasik lebih tampak premium dibandingkan dengan rumah jenis biasa. Misalnya menggunakan inti kayu, marmer, besi chord lainnya.

  1. Tidak memiliki banyak model dan warna

Selanjutnya adalah bahwa rumah klasik tidak memiliki model maupun warna yang terlalu menonjolkan diri. Pasalnya hal ini dibuat agar menonjolkan sifat kalem tersebut. Saat ini rumah klasik sering digabungkan dengan rumah jenis modern. Misalnya dengan membangun dalam 2 lantai yang bisa dibuat lebih sempit dan dapat diaplikasikan di perkotaan.

Menentukan desain rumah minimalis gaya bali

Apakah anda memiliki rencana untuk membangun rumah dengan gaya desain klasik ini? Jika ya, maka simak beberapa tipsnya berikut ini.

  1. Memilih tipe rumah

Langkah pertama yang bisa kita gunakan adalah memilih tipe rumah yang tepat. Caranya adalah bisa dengan melihat berbagai macam referensi tipe rumah klasik. Misalnya rumah klasik mewah, rumah klasik gaya eropa, gaya jawa, gaya modern 1 lantai atau 2 lantai, desain rumah minimalis gaya bali atau sederhana dan lainnya. Jika hal ini sudah dilakukan anda akan mampu menentukan rancangan dan gambaran yang lebih tepat.

 

  1. Berkonsultasi kepada desainer

Jika anda bukan seorang desainer, maka berkonsultasi kepada jasa arsitek atau desainer sangat berguna demi kelancaran progress. Ada berbagai keuntungan yang kita dapatkan bila menggunakan jasa mereka. Misalnya mendapatkan saran, arahan penting, dan juga tips terbaiknya. Jika anda mau menggunakan jasanya, sekarang sudah tak perlu khawatir lagi untuk menemkannya. Karena mereka sudah banyak sekali jasa mereka disekitar kita.

  1. Perhatikan keuangan anda

Hal yang terakhir ini juga sangat perlu diperhatikan. Pasalnya, kita harus menyesuaikan keuangan dengan rumah yang akan dibuatnya nanti. Jika tiba-tiba ditengah proses uang kita sudah habis dulu kan malah akan mangkrak dan bisa rugi sendiri nantinya. Jadi sedari awal bila kita ingin mendesain rumah klasik, maka harus disesuaikan dengan seberapa banyak dana yang dimiliki agar bisa disesuaikan.

Demikianlah sedikit pembahasan mengenai berbagai macam tips untuk menentukan desain rumah minimalis gaya bali yang bisa anda pelajari. Semoga berguna bagi kita semua.