Mau Membuat desain rumah minimalis eropa? Pastikan Pahami Tips Berikut!

Rumah klasik bukan saja memiliki bentuk yang khas tempo dulu, melainkan nilai seni dalam rumah klasik lebih tinggi daripada rumah tipe modern seperti saat ini. Pada awal tahun 1980-an, desain klasik mulai diterapkan pada rumah-rumah di Indonesia dan digunakan oleh masyarakat keratonan. Karena bentuknya yang khas, desain ini tidak cocok diaplikasikan di perkotaan. Sehingga lambat laun desain klasik mulai ditinggalkan.

Sekang mulai berubah kembali. Para desainer mulai menggunakan desain klasik sebagai campuran dari desain modern karena minat orang akan desain klasik semakin banyak. Bila dibandingkan dengan pembuatan desain modern, desain tipe satu ini selalu menyertakan bahan alam seperi halnya kayu.

Salah satu hal yang menjadi ciri khas dari desain rumah klasik adalah style arsitektur yang dimilikinya. Namun tak hanya itu saja ciri khasnya, ada banyak ciri khas lain yang dapat ditemukan di rumah klasik tersebut. Diantaranya meliputi:

  1. Ruangan lebih luas

Ruangan yang dibuat dengan desain klasik ini lebih luas sehingga berakibat pada suhu udara yang lebih sejuk dan mampu menampung banyak orang. Jendela yang mereka buat pun lebih besar sehingga udara segar lebih banyak yang masuk. Antar satu ruang dengan ruangan yang lainnya pun dibuat secara terpisah.

  1. Komposisi bangunan yang simetris

Jika kita perhatikan, usungan desain klasik membawa komposisi bangunan yang simetris. Selain itu, faktor interior dan eksterior pun sangat diperhatikan. Contohnya bisa dibuat perluasan pada halaman. Karena halamannya nanti tidak hanya digunakan berdasarkan kebutuhan saja, namun juga berdasarkan banyak hal saat ada keperluan.

  1. Plafon yang lebih tinggi

Walaupun jarak ketinggian plafon berbeda-beda antara satu rumah dengan rumah lainnya. Namun plafon yang dimiliki oleh rumah klasik tingginya selalu diatas 3,5 meter dari lantai. Bahkan seringkali rumah dibuat tanpa menggunakan langit-langit atau plafon, yaitu langsung terhubung ke atap.

  1. Pemilihan material tertentu

Dalam pembangunannya, semua susunan material dipilih dengan seksama dan cermat. Hal ini bertujuan demi kekuatan dan keawetan rumah itu sendiri. Rumah klasik lebih tampak premiun karena pemilihan material yang tepat tersebut. Misalnya marmer, inti kayu yang kuat dan juga chord besi.

  1. Tidak memiliki banyak model dan warna

Penggunaan model serta warnanya pun tidak terlalu berlebihan. Misalnya warna yang digunakan tidak terlalu banyak kombinasi. Karena diharuskan mengikuti perkembangan zaman, maka rumah klasik pun sekarang dibuat berbagai kombinasi seperti 2 lantai.

Penentuan desain rumah minimalis eropa yang Tepat

Ada beberapa macam hal yang dapat anda gunakan sebelum membangun desain rumah klasik minimalis. Berikut diantaranya:

  1. Memilih tipe rumah

Untuk bisa memilih tipe rumah yang tepat adalah kita harus banyak banyak membaca referensi dari berbagai macam sumber. Misalnya rumah klasik mewah, rumah klasik gaya eropa, gaya jawa, gaya modern 1 lantai atau 2 lantai, desain rumah minimalis eropa atau sederhana dan lainnya. Kita dapat menentukan desain yang tepat setelah tahap ini kelar. Sehingga berbagai macam tahap seperti pembuatan sketsa, perancangan dan lainnya dapat segera dibuat.

  1. Berkonsultasi kepada desainer

Bisa dibilang jasa seorang desainer atau konsultan arsitek sangat berperan penting dalam hal ini. Apabila menggunakan jasa konsultan arsitek, kita nantinya akan dibantu sepenuhnya soal urusan desain, termasuk diberikan berbagai tips dan saran untuk kita. Sekarang jasa desainer baik panggilan maupun konsultasi secara online sudah sangat banyak, anda bisa memilih jasa yang terbaik di sekitar tempat tinggal anda.

  1. Perhatikan keuangan anda

Poin terakhir satu ini juga penting sekali untuk diperhatikan. Hal ini dikarenakan semua tahapan pembuatan desain sekaligus membuat rumah membutuhkan biaya yang tak sedikit. Jika kehabisan ditengah jalan, proyeknya pasti akan mangkrak. Jadi sedari awal kita harus mulai menyesuaikan keuangan dengan berbagai faktor-faktor yang nantinya dibutuhkan.

Itulah sedikit pembahasan mengenai cara menentukan desain rumah minimalis eropa yang tepat. Semoga hal ini bisa memberikan sedikit pencerahan untuk anda yang ingin membuat rumah desain klasik tersebut.