Mau Membuat desain rumah minimalis dan denahnya? Pastikan Pahami Tips Berikut!

Rumah klasik bukan saja memiliki bentuk yang khas tempo dulu, melainkan nilai seni dalam rumah klasik lebih tinggi daripada rumah tipe modern seperti saat ini. Penggunaan desain klasik mulai digunakan di indonesia pada era 70-an akhir atau awal era 80-an yang  digunakan oleh sebagian orang kelas atas. Namun lambat laun desain ini mulai dilupakan oleh banyak orang karena dinilai kurang fleksibel dan tidak mencerminkan desain modern.

Sekang mulai berubah kembali. Para desainer mulai menggunakan desain klasik sebagai campuran dari desain modern karena minat orang akan desain klasik semakin banyak. Pembuatan rumah dengan desain klasik membutuhkan banyak perabotan dari alam seperti kayu. Sehingga biaya yang ditimbulkan pun lebih mahal.

Mungkin sebagian orang mengenal rumah dengan desain klasik karena dilihat dari bentuk arsitekturnya saja. Padahal ada banyak ciri khas lain yang dapat kita mtemukan pada desain rumah klasik ini yaitu:

  1. Ruangan lebih luas

Bila kita memasukinya, rumah klasik tentu lebih dingin daripada rumah modern. Hal ini karena bangunannya dibuat lebih luas. Tak hanya itu, jendelanya pun dibuat dengan menggunakan ukurang yang besar. Hal ini memungkinkan udara segar lebih banyak masuk.

  1. Komposisi bangunan yang simetris

Jika kita perhatikan, usungan desain klasik membawa komposisi bangunan yang simetris. Selain itu, faktor interior dan eksterior pun sangat diperhatikan. Bagian luar dan dalamnya pun mengusung fungsi yang lebih dari cukup. Sehingga bisa menampung berbagai hal saat ada keperluan.

  1. Plafon yang lebih tinggi

Walaupun jarak ketinggian plafon berbeda-beda antara satu rumah dengan rumah lainnya. Namun plafon yang dimiliki oleh rumah klasik tingginya selalu diatas 3,5 meter dari lantai. Bahkan kebanyakan rumah langsung terhubung ke atap tanpa dibuat plafon atau langit-langit yang terbuat dari gips atau eternit.

  1. Pemilihan material tertentu

Material yang digunakan untuk rumah klasik pun tidak seperti rumah modern. Salah satu kelebihannya adalah memiliki materialnya mementingkan keawetan dan kekuatan. Misalnya menggunakan inti kayu yang kuat, marmer, besi cord, dan juga penggunaan genteng daripada seng.

  1. Tidak memiliki banyak model dan warna

Model serta warna yang ada pada desain klasik lebih sederhana tapi berkesan. Misalnya pemilihan warna yang kalem dan penggunaan model yang sederhana tapi tegas. Di era saat ini, rumah klasik banyak yang menonjolkan sifat modern. Misalnya pembuatan 2 lantai dibandingkan 1 lantai.

Ingin Buat desain rumah minimalis dan denahnya? Perhatikan Terlebih Dahulu Hal-hal Berikut Ini!

Bila anda tertarik untuk memiliki rumah dengan bercirikan tempo dulu bergaya klasik, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Diantaranya adalah:

  1. Memilih tipe rumah

Tipe rumah wajib kita perhatikan secara matang guna dapat menentukan arah pengerjaan rumah kedepannya. Misalnya rumah klasik mewah, rumah klasik gaya eropa, gaya jawa, gaya modern 1 lantai atau 2 lantai, desain rumah minimalis dan denahnya atau sederhana dan lainnya. Jika hal ini sudah dilakukan anda akan mampu menentukan rancangan dan gambaran yang lebih tepat.

 

  1. Berkonsultasi kepada desainer

Ini penting, bahkan jika perlu, kita bisa menyerahkan semuanya kepada jasa arsitek guna memudahkan progesnya. Apabila menggunakan jasa konsultan arsitek, kita nantinya akan dibantu sepenuhnya soal urusan desain, termasuk diberikan berbagai tips dan saran untuk kita. Jika anda mau menggunakan jasanya, sekarang sudah tak perlu khawatir lagi untuk menemkannya. Karena mereka sudah banyak sekali jasa mereka disekitar kita.

  1. Perhatikan keuangan anda

Memperhatikan budget merupakan faktor yang tak kalah penting untuk diperhatikan. Pasalnya bila tidak merencanakan budget dari awal, lalu tiba-tiba kehabisan dana ditengah progress, tentunya akan menimbulkan masalah tersendiri. Penyesuaian dana juga harus disesuaikan juga dengan berbagai macam hal seperti perencanaan, pemilihan tipe rumah, pembuatan detail desain dan lainnya agar dana habis sesuai rencana.

Demikianlah pembahasan mengenai berbagai macam tips menentukan desain rumah minimalis dan denahnya yang bisa anda pelajari. Sehingga ketika ingin membuat rumah dengan style tempo dulu ini sudah tahu gambarannya.