Langkah-langkah yang Digunakan dalam Menentukan desain rumah minimalis elegan 2 lantai

Alasan kenapa sebagian orang menyukai desain rumah klasik ialah selain memiliki desain yang indah juga punya punya nilai seni tersendiri. Penggunaan desain klasik mulai digunakan di indonesia pada era 70-an akhir atau awal era 80-an yang  digunakan oleh sebagian orang kelas atas. Namun lambat laun desain ini mulai dilupakan oleh banyak orang karena dinilai kurang fleksibel dan tidak mencerminkan desain modern.

Sekang mulai berubah kembali. Para desainer mulai menggunakan desain klasik sebagai campuran dari desain modern karena minat orang akan desain klasik semakin banyak. Proses pembuatan rumah klasik yang lebih lama dan lebih detail juga berakibat pada pembiayaan yang lebih mahal, sehingga cenderung orang tidak menyukainya.

Perlu anda ketahui, bahwa desain rumah klasik memiliki arsitektur yang khas. Akan tetapi sebenarnya itu bukan ciri satu-satunya. Ada berbagai ciri lain yang nampak dari desain klasik. Diantaranya adalah:

  1. Ruangan lebih luas

Ruangan dibuat lebih luas bertujuan agar rumah terasa lebih sejuk dan lebih bebas untuk kegiatan apapun. Hal ini disebabkan selain karena pembuatan jendela yang lebih besar juga antar ruang yang ada didalamnya dibuat terpisah dan dengan ukuran yang lebih luas.

  1. Komposisi bangunan yang simetris

Jika kita perhatikan, usungan desain klasik membawa komposisi bangunan yang simetris. Selain itu, faktor interior dan eksterior pun sangat diperhatikan. Rumah tipe ini pun dibuat dengan fungsi yang lebih dari cukup. Sehingga saat ada keperluan mendadak nantinya bisa digunakan.

  1. Plafon yang lebih tinggi

Walaupun jarak ketinggian plafon berbeda-beda antara satu rumah dengan rumah lainnya. Namun plafon yang dimiliki oleh rumah klasik tingginya selalu diatas 3,5 meter dari lantai. Bahkan tak jarang rumah dibuat langsung ke atap tanpa dibuat plafon dari gips atau eternit. Hal ini agar nampak lebih leluasa.

  1. Pemilihan material tertentu

Dalam pembangunannya, semua susunan material dipilih dengan seksama dan cermat. Hal ini bertujuan demi kekuatan dan keawetan rumah itu sendiri. Rumah klasik lebih tampak premiun karena pemilihan material yang tepat tersebut. Misalnya marmer, inti kayu yang kuat dan juga chord besi.

  1. Tidak memiliki banyak model dan warna

Ciri khas selanjutnya adalah bahwa rumah klasik punya warna dan model yang lebih kalem dan tidak terlalu menonjolkan banyak warna. Warnanya juga dipilih yang cerah, misalnya putih, kuning muda, biru muda dan sejenisnya. Di era saat ini, rumah klasik banyak yang menonjolkan sifat modern. Misalnya pembuatan 2 lantai dibandingkan 1 lantai.

Tips-tips yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih desain rumah minimalis elegan 2 lantai

Apakah anda memiliki rencana untuk membangun rumah dengan gaya desain klasik ini? Jika ya, maka simak beberapa tipsnya berikut ini.

  1. Memilih tipe rumah

Sekarang kita bisa melihat berbagai macam contoh rumah klasik dari berbagai referensi seperti internet ataupun majalah. Misalnya rumah klasik mewah, rumah klasik gaya eropa, gaya jawa, gaya modern 1 lantai atau 2 lantai, desain rumah minimalis elegan 2 lantai atau sederhana dan lainnya. Tipe rumah ini sangat menentukan tahap selanjutnya dalam desain seperti halnya pembuatan sketa, perancangan, dan lainnya.

  1. Berkonsultasi kepada desainer

Agar proyek pembuatannya dapat berjalan dengan lancar, maka menggunakan jasa desainer merupakan pilihan yang utama. Apabila menggunakan jasa konsultan arsitek, kita nantinya akan dibantu sepenuhnya soal urusan desain, termasuk diberikan berbagai tips dan saran untuk kita. Saat ini anda tidak perlu kesulitan lagi dalam menemukan jasanya. Karena banyak dari mereka yang menyediakan penawaran jasa secara online disekitar kita.

  1. Perhatikan keuangan anda

Memperhatikan budget merupakan faktor yang tak kalah penting untuk diperhatikan. Pasalnya bila tidak merencanakan budget dari awal, lalu tiba-tiba kehabisan dana ditengah progress, tentunya akan menimbulkan masalah tersendiri. Jadi sedari awal bila kita ingin mendesain rumah klasik, maka harus disesuaikan dengan seberapa banyak dana yang dimiliki agar bisa disesuaikan.

Demikianlah pembahasan mengenai berbagai macam tips menentukan desain rumah minimalis elegan 2 lantai yang bisa anda pelajari. Sehingga ketika ingin membuat rumah dengan style tempo dulu ini sudah tahu gambarannya.