Langkah-langkah yang Digunakan dalam Menentukan desain rumah minimalis 2 lantai

Rumah klasik bukan saja memiliki bentuk yang khas tempo dulu, melainkan nilai seni dalam rumah klasik lebih tinggi daripada rumah tipe modern seperti saat ini. Awal mula penggunaan desain klasik pada rumah sebenarnya terjadi pada awal tahun 80-an atau akhir tahun 70-an. Seiring berjalannya waktu, desain tersebut nampak kurang cocok bila diterapkan didaerah padat penduduk, sehingga desain jenis ini mulai ditinggalkan.

Namun dimasa-masa ini, banyak orang yang mulai melirik desain klasik. Namun dengan sedikit pengubahan pada desainnya seperti dibuat minimalis sehingga cocok untuk daerah perkotaan. Proses pembuatan rumah klasik yang lebih lama dan lebih detail juga berakibat pada pembiayaan yang lebih mahal, sehingga cenderung orang tidak menyukainya.

Perlu anda ketahui, bahwa desain rumah klasik memiliki arsitektur yang khas. Akan tetapi sebenarnya itu bukan ciri satu-satunya. Ada berbagai ciri lain yang nampak dari desain klasik. Diantaranya adalah:

  1. Ruangan lebih luas

Bila kita memasukinya, rumah klasik tentu lebih dingin daripada rumah modern. Hal ini karena bangunannya dibuat lebih luas. Tak hanya itu, jendelanya pun dibuat dengan menggunakan ukurang yang besar. Hal ini memungkinkan udara segar lebih banyak masuk.

  1. Komposisi bangunan yang simetris

Bila kita perhatikan secara seksama, rumah dengan desain klasik memilki desain yang simetris. Tak hanya itu, faktor eksterior dan interiornya pun begitu diperhatikan. Bagian luar dan dalamnya pun mengusung fungsi yang lebih dari cukup. Sehingga bisa menampung berbagai hal saat ada keperluan.

  1. Plafon yang lebih tinggi

Jika kita amati rumah dengan desain modern hanya berjarak 3 meter hingga 3,5, namun pada rumah klasik memiliki jarak hingga jarak 3,5 meter, bahkan lebih tinggi. Selain itu kebanyakan rumah pun dibuat tanpa memiliki plafon, yaitu langsung terhubung ke atap rumah. Sehingga kesan luasnya lebih terasa.

  1. Pemilihan material tertentu

Susunan material yang digunakan untuk membuat rumah klasik tidak sembarangan. Pembuatannya mementingkan kekuatan dan keawetan. Rumah klasik lebih tampak premiun karena pemilihan material yang tepat tersebut. Misalnya marmer, inti kayu yang kuat dan juga chord besi.

  1. Tidak memiliki banyak model dan warna

Ciri khas selanjutnya adalah bahwa rumah klasik punya warna dan model yang lebih kalem dan tidak terlalu menonjolkan banyak warna. Warnanya juga dipilih yang cerah, misalnya putih, kuning muda, biru muda dan sejenisnya. Saat ini rumah klasik sering digabungkan dengan rumah jenis modern. Misalnya dengan membangun dalam 2 lantai yang bisa dibuat lebih sempit dan dapat diaplikasikan di perkotaan.

Teknik Terbaik dalam Penentuan desain rumah minimalis 2 lantai

Berikut adalah beberapa hal yang perlu kita perhatikan saat ingin membangun rumah dengan desain klasik.

  1. Memilih tipe rumah

Langkah pertama yang bisa kita gunakan adalah memilih tipe rumah yang tepat. Caranya adalah bisa dengan melihat berbagai macam referensi tipe rumah klasik. desain rumah minimalis 2 lantai adalah salah satu jenis dari tipe rumah yang paling laris saat ini. Selain membutuhkan ruang yang sempit, pembuatannya pun lebih simpel. Kita dapat menentukan desain yang tepat setelah tahap ini kelar. Sehingga berbagai macam tahap seperti pembuatan sketsa, perancangan dan lainnya dapat segera dibuat.

  1. Berkonsultasi kepada desainer

Kita akan sangat membutuhkan jasa desainer bila memang kita tidak bisa mendesain rumah sendiri. Dengan bantuan mereka, progress justru akan menjadi lebih mudah. Bila kita gunakan jasanya, berbagai macam tips, arahan, dan sara-saran penting pasti akan kita dapatkan. Anda dapat berkonsultasi dengan jasa mereka baik secara online maupun offline. Jasa konsultan desain pun saat ini sudah sangat banyak disekitar tempat tinggal kita.

  1. Perhatikan keuangan anda

Persiapan dan perencaaan pendanaan sangat penting. Faktor keuangan seringkali menjadi hambatan yang menyebabkan suatu proyek gagal ditengah jalan. Dan akibatnya mengalami kerugian yang cukup besar. Jadi sedari awal bila kita ingin mendesain rumah klasik, maka harus disesuaikan dengan seberapa banyak dana yang dimiliki agar bisa disesuaikan.

Demikianlah pembahasan mengenai berbagai macam tips menentukan desain rumah minimalis 2 lantai yang bisa anda pelajari. Sehingga ketika ingin membuat rumah dengan style tempo dulu ini sudah tahu gambarannya.