Ketahui Berbagai Cara Membuat sketsa rumah minimalis berlantai 2

Daya tarik rumah bisa terpancar dari keindahan desain arsitektur yang diusungnya. Dari arsitekturnya itulah siapapun dapat menilai rumah tersebut apakah bagus ataukah tidak.

Maka dari itu, bila anda ingin membuat rumah, langkah pertama yang harus dipersiapkan adalah pembuatan gambar dan sketsa rumah itu sendiri. Tak hanya itu, dari sisi eksterior maupun interior pun perlu diperhatikan dengan baik-baik agar rumah bisa dibangun tepat sesuai model yang diharapkan.

Banyak sekali model rumah sederhana tapi indah, baik tampak depan, belakang maupun dari samping. Dalam membuat gambar, kita harus benar-benar cermat dan teliti. Pasalnya model sketsa tersebut akan diaplikasikan ke versi sebenarnya.

Tips dalam Membuat sketsa rumah minimalis berlantai 2

Membuat sketsa untuk bangunan tidaklah semudah yang kita bayangkan. Karena butuh kejelian serta pengetahuan yang baik dalam pembuatanya. Karena setiap mm dari sketsa tersebut tentunya bisa mempengaruhi rumah tersebut apabila sudah jadi.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan bila ingin membuat sketsa serta gambar rumah. Silakan simak poin demi poinnya.

  1. Sesuaikan dengan luas bangunan

Pertama-tama kita harus tentukan terlebih dahulu mengenai ukuran luas rumah yang ingin dibangun. Setelah itu perhatikan juga lokasi rumah kita, misal di perkotaan atau dipedesaan. Langkah seperti ini bertujuan untuk membuat kita lebih mudah dalam menyusun sketsa nantinya. Misalnya kita harus tahu dulu ukurannya mau 21/36. 36/72, ataupun 90/120.

  1. Tentukan model rumah yang ingin dibuat

Model rumah yang dimaksud bisa berupa rumah model 1 lantai, model 2 lantai dan lainnya. Dari awal style rumah pun perlu diperhatikan. Baik itu gaya minimilis, modern, klasik ataupun style lainnya harus sudah ditentukan terlebih dahulu.

  1. Buat denah rumah sederhana sebagai dasar

Denah adalah sebuah dasar petunjuk yang wajib dibuat bila ingin membuat sketsa rumah minimalis berlantai 2. Denah ini menjadi sebuah dasar yang nantinya dapat dikembangkan lagi kedalam berbagai bentuk sketsa yang lebih kompleks. Contohnya dibuat secara detail dalam keseluruhan bentuk bangunan dan lainnya.

  1. kompleksitas ruangan dan detail dari sketsa

Kompleksitas atau kelengkapan ruangan dalam suatu rumah wajib diperhatikan guna mengenali detail dari sketsa yang akan dibuat. Untuk itu, kita harus mengevaluasi dengan detail tentang sketsa yang telah kita buat. Jangan ada satupun ruangan yang terlewatkan.

Demikianlah beberapa langkah yang dapat dipraktikan saat ingin membuat sketsa rumah minimalis berlantai 2. Bila kita memang memiliki keahlian, maka gunakan saja keahlian yang kita miliki. Namun bila tidak maka serahkan saja pada jasa arsitek. Bila kita menggunakan jasa desain arsitek, tugas kita pun jadi lebih ringan dan waktunya tidak habis untuk hal-hal pembangunan rumah.