Inilah Tips Terbaik dalam Memilih desain rumah minimalis modern 2 lantai

Salah satu ciri khas yang paling menonjol dari rumah klasik selain dilihat dari bentuknya adalah nilai seni yang ada didalamnya. Penggunaan desain klasik mulai digunakan di indonesia pada era 70-an akhir atau awal era 80-an yang  digunakan oleh sebagian orang kelas atas. Namun seiring perkembangan zaman desain semacam itu mulai tidak disukai dengan selera kebanyakan orang sehingga mulai ditinggalkan.

Akan tetapi sekarang rumah klasik mulai banyak dilirik kembali oleh orang banyak. Bahkan di daerah perkotaan pun rumah klasik minimalis sudah seringkali ditemui. Akan tetapi yang sering menjadi kendala, rumah klasik membutuhkan berbagai bahan-bahan alam seperti kayu yang cenderung lebih banyak daripada rumah bergaya modern saat ini.

Bila dilihat secara sepintas, arsitektur dari rumah ini seakan menjadi ciri khas utama. Namun sebenarnya ada berbagai ciri khas lain yang melekat pada rumah ini. Diantaranya adalah:

  1. Ruangan lebih luas

Ruangan dibuat lebih luas bertujuan agar rumah terasa lebih sejuk dan lebih bebas untuk kegiatan apapun. Hal ini disebabkan selain karena pembuatan jendela yang lebih besar juga antar ruang yang ada didalamnya dibuat terpisah dan dengan ukuran yang lebih luas.

  1. Komposisi bangunan yang simetris

Komposisi bangunan yang simetris menjadi bagian yang tak terpisahkan dari rumah dengan desain klasik. Bagian luar dan dalamnya pun mengusung fungsi yang lebih dari cukup. Sehingga bisa menampung berbagai hal saat ada keperluan.

  1. Plafon yang lebih tinggi

Apabila rumah modern jarak antara plafon dengan lantai paling tinggi hanya berkisar 3 sampai 3,5 meter, jika rumah klasik dibuat setinggi mungkin, yaitu bisa mencapai 3,5 meter ke atas. Selain itu kebanyakan rumah pun dibuat tanpa memiliki plafon, yaitu langsung terhubung ke atap rumah. Sehingga kesan luasnya lebih terasa.

  1. Pemilihan material tertentu

Susunan material yang digunakan untuk membuat rumah klasik tidak sembarangan. Pembuatannya mementingkan kekuatan dan keawetan. Misalnya menggunakan inti kayu yang kuat, marmer, besi cord, dan juga penggunaan genteng daripada seng.

  1. Tidak memiliki banyak model dan warna

Selanjutnya adalah bahwa rumah klasik tidak memiliki model maupun warna yang terlalu menonjolkan diri. Pasalnya hal ini dibuat agar menonjolkan sifat kalem tersebut. Agar bisa diaplikasikan disemua daerah terutama perkotaan, maka rumah jenis ini pun dibuat lebih berkembang. Misalnya membuat dalam model 2 lantai.

Hal-hal yang Wajib Diperhatikan saat Menentukan desain rumah minimalis modern 2 lantai

Bila anda tertarik untuk memiliki rumah dengan bercirikan tempo dulu bergaya klasik, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Diantaranya adalah:

  1. Memilih tipe rumah

Untuk bisa memilih tipe rumah yang tepat adalah kita harus banyak banyak membaca referensi dari berbagai macam sumber. Anda bisa menentukan berbagai macam tipe seperti halnya desain rumah minimalis modern 2 lantai, rumah gaya eropa, gaya jawa, dan lainnya. Bila anda sudah menentukan tipe rumah, maka tahap desain seperti perencanaan dan perancangan dapat segera dilakukan.

  1. Berkonsultasi kepada desainer

Jika anda bukan seorang desainer, maka berkonsultasi kepada jasa arsitek atau desainer sangat berguna demi kelancaran progress. Dengan kita berhubungan dengan mereka, maka tentunya berbagai saran, tips, hingga arahan-arahan akan dibantu sepenuhnya. Anda dapat berkonsultasi dengan jasa mereka baik secara online maupun offline. Jasa konsultan desain pun saat ini sudah sangat banyak disekitar tempat tinggal kita.

  1. Perhatikan keuangan anda

Kita bisa rugi besar bila tidak memperhatikan poin terakhir ini. Bila kehabisan uang dan proyek gagal ditengah jalan, pasti kita sendiri yang akan menyesal. Untuk itu budget harus direncanakan sedari awal. Jadi sedari awal kita harus mulai menyesuaikan keuangan dengan berbagai faktor-faktor yang nantinya dibutuhkan.

Itulah sedikit pembahasan mengenai cara menentukan desain rumah minimalis modern 2 lantai yang tepat. Semoga hal ini bisa memberikan sedikit pencerahan untuk anda yang ingin membuat rumah desain klasik tersebut.