Inilah Tips Terbaik dalam Memilih desain rumah minimalis gaya eropa

Rumah klasik bukan saja memiliki bentuk yang khas tempo dulu, melainkan nilai seni dalam rumah klasik lebih tinggi daripada rumah tipe modern seperti saat ini. Penggunaan desain klasik mulai digunakan di indonesia pada era 70-an akhir atau awal era 80-an yang  digunakan oleh sebagian orang kelas atas. Seiring berjalannya waktu, desain tersebut nampak kurang cocok bila diterapkan didaerah padat penduduk, sehingga desain jenis ini mulai ditinggalkan.

Namun dimasa-masa ini, banyak orang yang mulai melirik desain klasik. Namun dengan sedikit pengubahan pada desainnya seperti dibuat minimalis sehingga cocok untuk daerah perkotaan. Salah satu yang menjadi kendala dalam pembuatan rumah berdesain klasik ini adalah kebutuhan bahan alam seperti kayu begitu tinggi sehingga membutuhkan biaya yang lebih banyak.

Bila dilihat secara sepintas, arsitektur dari rumah ini seakan menjadi ciri khas utama. Namun sebenarnya ada berbagai ciri khas lain yang melekat pada rumah ini. Diantaranya adalah:

  1. Ruangan lebih luas

Ruangan dibuat lebih luas bertujuan agar rumah terasa lebih sejuk dan lebih bebas untuk kegiatan apapun. Hal ini disebabkan selain karena pembuatan jendela yang lebih besar juga antar ruang yang ada didalamnya dibuat terpisah dan dengan ukuran yang lebih luas.

  1. Komposisi bangunan yang simetris

Jika kita perhatikan, usungan desain klasik membawa komposisi bangunan yang simetris. Selain itu, faktor interior dan eksterior pun sangat diperhatikan. Faktor internal dan eksternal pun biasanya dibuat lebih dari kebutuhan. Hal ini fungsinya sebagai tempat untuk menampung suatu hal bila sedang diperlukan.

  1. Plafon yang lebih tinggi

Jika dibandingkan dengan rumah gaya modern, jarak antara pembuatan plafon pada rumah gaya klasik lebih tinggi. Bisa selisih lebih dari 2 meter. Tak hanya itu, kadang-kadang bahkan rumah dibuat tanpa memiliki plafon agar kesan sejuknya lebih terasa.

  1. Pemilihan material tertentu

Bahan material yang digunakan selain menonjolkan keindahan juga mengandalkan keawetan. Sehingga rumah bisa bertahan lama walau terbuat dari bahan alam. Misalnya pemilihan genteng dibandingkan seng, penggunaan besi chord, pemilihan marmer dibanding keramik biasa dan lainnya.

  1. Tidak memiliki banyak model dan warna

Penggunaan model serta warnanya pun tidak terlalu berlebihan. Misalnya warna yang digunakan tidak terlalu banyak kombinasi. Agar bisa diaplikasikan disemua daerah terutama perkotaan, maka rumah jenis ini pun dibuat lebih berkembang. Misalnya membuat dalam model 2 lantai.

Perihal Penting Terkait Penentuan desain rumah minimalis gaya eropa

Apabila anda berencana untuk membangun rumah dengan gaya klasik minimalis, maka alangkah baiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini.

  1. Memilih tipe rumah

Sekarang kita bisa melihat berbagai macam contoh rumah klasik dari berbagai referensi seperti internet ataupun majalah. Misalnya rumah klasik mewah, rumah klasik gaya eropa, gaya jawa, gaya modern 1 lantai atau 2 lantai, desain rumah minimalis gaya eropa atau sederhana dan lainnya. Jika hal ini sudah dilakukan anda akan mampu menentukan rancangan dan gambaran yang lebih tepat.

  1. Berkonsultasi kepada desainer

Ini penting, bahkan jika perlu, kita bisa menyerahkan semuanya kepada jasa arsitek guna memudahkan progesnya. Ada berbagai keuntungan yang kita dapatkan bila menggunakan jasa mereka. Misalnya mendapatkan saran, arahan penting, dan juga tips terbaiknya. Jika anda mau menggunakan jasanya, sekarang sudah tak perlu khawatir lagi untuk menemkannya. Karena mereka sudah banyak sekali jasa mereka disekitar kita.

  1. Perhatikan keuangan anda

Memperhatikan budget merupakan faktor yang tak kalah penting untuk diperhatikan. Pasalnya bila tidak merencanakan budget dari awal, lalu tiba-tiba kehabisan dana ditengah progress, tentunya akan menimbulkan masalah tersendiri. Jadi sedari awal kita harus mulai menyesuaikan keuangan dengan berbagai faktor-faktor yang nantinya dibutuhkan.

Demikianlah pembahasan mengenai berbagai macam tips menentukan desain rumah minimalis gaya eropa yang bisa anda pelajari. Sehingga ketika ingin membuat rumah dengan style tempo dulu ini sudah tahu gambarannya.