Ingin Buat desain rumah minimalis yang elegan? Simak Tipsnya Berikut!

Rumah klasik bukan saja memiliki bentuk yang khas tempo dulu, melainkan nilai seni dalam rumah klasik lebih tinggi daripada rumah tipe modern seperti saat ini. Penggunaan desain klasik mulai digunakan di indonesia pada era 70-an akhir atau awal era 80-an yang  digunakan oleh sebagian orang kelas atas. Karena bentuknya yang khas, desain ini tidak cocok diaplikasikan di perkotaan. Sehingga lambat laun desain klasik mulai ditinggalkan.

Akan tetapi sekarang rumah klasik mulai banyak dilirik kembali oleh orang banyak. Bahkan di daerah perkotaan pun rumah klasik minimalis sudah seringkali ditemui. Akan tetapi yang sering menjadi kendala, rumah klasik membutuhkan berbagai bahan-bahan alam seperti kayu yang cenderung lebih banyak daripada rumah bergaya modern saat ini.

Perlu anda ketahui, bahwa desain rumah klasik memiliki arsitektur yang khas. Akan tetapi sebenarnya itu bukan ciri satu-satunya. Ada berbagai ciri lain yang nampak dari desain klasik. Diantaranya adalah:

  1. Ruangan lebih luas

Ruangan yang dibuat dengan desain klasik ini lebih luas sehingga berakibat pada suhu udara yang lebih sejuk dan mampu menampung banyak orang. Hal ini disebabkan selain karena pembuatan jendela yang lebih besar juga antar ruang yang ada didalamnya dibuat terpisah dan dengan ukuran yang lebih luas.

  1. Komposisi bangunan yang simetris

Bila kita perhatikan secara seksama, rumah dengan desain klasik memilki desain yang simetris. Tak hanya itu, faktor eksterior dan interiornya pun begitu diperhatikan. Misalnya membuat halaman yang lebih luas. Jadi dalam pembuatannya tidak hanya dibuat sesuai kebutuhan saja, namun ada sisa-sisa yang dibuat untuk suatu keperluan lain.

  1. Plafon yang lebih tinggi

Jika dibandingkan dengan rumah gaya modern, jarak antara pembuatan plafon pada rumah gaya klasik lebih tinggi. Bisa selisih lebih dari 2 meter. Tak hanya itu, kadang-kadang bahkan rumah dibuat tanpa memiliki plafon agar kesan sejuknya lebih terasa.

  1. Pemilihan material tertentu

Bahan material yang digunakan selain menonjolkan keindahan juga mengandalkan keawetan. Sehingga rumah bisa bertahan lama walau terbuat dari bahan alam. Sebagai contohnya penggunaan inti kayu tertentu, besi cord, marmer atau bahan alam lainnya yang sangat terpilih.

  1. Tidak memiliki banyak model dan warna

Selanjutnya adalah bahwa rumah klasik tidak memiliki model maupun warna yang terlalu menonjolkan diri. Pasalnya hal ini dibuat agar menonjolkan sifat kalem tersebut. Karena diharuskan mengikuti perkembangan zaman, maka rumah klasik pun sekarang dibuat berbagai kombinasi seperti 2 lantai.

Tips-tips yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih desain rumah minimalis yang elegan

Bila anda tertarik untuk memiliki rumah dengan bercirikan tempo dulu bergaya klasik, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Diantaranya adalah:

  1. Memilih tipe rumah

Langkah pertama yang bisa kita gunakan adalah memilih tipe rumah yang tepat. Caranya adalah bisa dengan melihat berbagai macam referensi tipe rumah klasik. Sekarang jenis desain rumah minimalis yang elegan merupakan tipe rumah yang paling disukai bila dibandingkan dengan tipe eropa, amerika, jawa ataupun tipe modern lainnya. Tipe rumah ini sangat menentukan tahap selanjutnya dalam desain seperti halnya pembuatan sketa, perancangan, dan lainnya.

  1. Berkonsultasi kepada desainer

Jika anda bukan seorang desainer, maka berkonsultasi kepada jasa arsitek atau desainer sangat berguna demi kelancaran progress. Apabila menggunakan jasa konsultan arsitek, kita nantinya akan dibantu sepenuhnya soal urusan desain, termasuk diberikan berbagai tips dan saran untuk kita. Saat ini anda tidak perlu kesulitan lagi dalam menemukan jasanya. Karena banyak dari mereka yang menyediakan penawaran jasa secara online disekitar kita.

  1. Perhatikan keuangan anda

Memperhatikan budget merupakan faktor yang tak kalah penting untuk diperhatikan. Pasalnya bila tidak merencanakan budget dari awal, lalu tiba-tiba kehabisan dana ditengah progress, tentunya akan menimbulkan masalah tersendiri. Jadi sedari awal kita harus mulai menyesuaikan keuangan dengan berbagai faktor-faktor yang nantinya dibutuhkan.

Semoga pembahasan mengenai desain rumah minimalis yang elegan ini dapat memberikan pencerahan untuk anda yang mau membangun rumah klasik tempo dulu bergaya modern.