Ingin Buat desain rumah minimalis bertingkat? Simak Tipsnya Berikut!

Ciri khas rumah klasik tidak hanya menceriminkan bentuknya saja, nilai seni yang terdapat disetiap ujung sudut rumah pun menjadi ciri khas yang justru menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian orang. Penggunaan desain klasik mulai digunakan di indonesia pada era 70-an akhir atau awal era 80-an yang  digunakan oleh sebagian orang kelas atas. Karena bentuknya yang khas, desain ini tidak cocok diaplikasikan di perkotaan. Sehingga lambat laun desain klasik mulai ditinggalkan.

Sekang mulai berubah kembali. Para desainer mulai menggunakan desain klasik sebagai campuran dari desain modern karena minat orang akan desain klasik semakin banyak. Pembuatan rumah dengan desain klasik membutuhkan banyak perabotan dari alam seperti kayu. Sehingga biaya yang ditimbulkan pun lebih mahal.

Mungkin sebagian orang mengenal rumah dengan desain klasik karena dilihat dari bentuk arsitekturnya saja. Padahal ada banyak ciri khas lain yang dapat kita mtemukan pada desain rumah klasik ini yaitu:

  1. Ruangan lebih luas

Jika anda pernah mengunjungi rumah bergaya klasik, pasti merasakan rumah lebih adem dan sejuk walau tidak menggunakan kipas ataupun AC. Selain itu, antar satu ruang dengan ruang lainnya pun dibat secara terpisah. Ruangan yang paling luas adalah ruang tamu.

  1. Komposisi bangunan yang simetris

Selain menonjolkan faktor interior dan eksterior, usungan bangunan simetris pun nampak pada desain rumah klasik. Misalnya membuat halaman yang lebih luas. Jadi dalam pembuatannya tidak hanya dibuat sesuai kebutuhan saja, namun ada sisa-sisa yang dibuat untuk suatu keperluan lain.

  1. Plafon yang lebih tinggi

Jika kita amati rumah dengan desain modern hanya berjarak 3 meter hingga 3,5, namun pada rumah klasik memiliki jarak hingga jarak 3,5 meter, bahkan lebih tinggi. Tak hanya itu, kadang-kadang bahkan rumah dibuat tanpa memiliki plafon agar kesan sejuknya lebih terasa.

  1. Pemilihan material tertentu

Bahan material yang digunakan selain menonjolkan keindahan juga mengandalkan keawetan. Sehingga rumah bisa bertahan lama walau terbuat dari bahan alam. Misalnya pemilihan genteng dibandingkan seng, penggunaan besi chord, pemilihan marmer dibanding keramik biasa dan lainnya.

  1. Tidak memiliki banyak model dan warna

Yang terakhir adalah bahwa rumah klasik memiliki model dan warna yang tidak terlalu menonjol. Misalnya untuk stylenya tidak dibuat yang terlalu berlebihan dan penggunaan warna yang kalem atau tidak mencolok. Di era saat ini, rumah klasik banyak yang menonjolkan sifat modern. Misalnya pembuatan 2 lantai dibandingkan 1 lantai.

Tips yang Wajib Diperhatikan Dalam Memilih desain rumah minimalis bertingkat

Bila anda tertarik untuk memiliki rumah dengan bercirikan tempo dulu bergaya klasik, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Diantaranya adalah:

  1. Memilih tipe rumah

Tipe rumah harus benar-benar diperhatikan guna bisa menentukan arah pengerjaan kedepannya. Anda bisa melihat dahulu berbagai contoh tipe rumah yang ada saat ini. Misalnya rumah klasik mewah, rumah klasik gaya eropa, gaya jawa, gaya modern 1 lantai atau 2 lantai, desain rumah minimalis bertingkat atau sederhana dan lainnya. Rancangan desain dapat dilakukan dengan mudah apabila kita sudah menentukan tipe rumah sesuai yang kita inginkan.

  1. Berkonsultasi kepada desainer

Kita akan sangat membutuhkan jasa desainer bila memang kita tidak bisa mendesain rumah sendiri. Dengan bantuan mereka, progress justru akan menjadi lebih mudah. Biasanya jika kita menggunakan jasanya, nantinya akan mendapatkan berbagai macam arahan-arahan penting, tips serta saran terbaik dari mereka. Saat ini anda tidak perlu kesulitan lagi dalam menemukan jasanya. Karena banyak dari mereka yang menyediakan penawaran jasa secara online disekitar kita.

  1. Perhatikan keuangan anda

Poin terakhir satu ini juga penting sekali untuk diperhatikan. Hal ini dikarenakan semua tahapan pembuatan desain sekaligus membuat rumah membutuhkan biaya yang tak sedikit. Jika kehabisan ditengah jalan, proyeknya pasti akan mangkrak. Jadi sedari awal bila kita ingin mendesain rumah klasik, maka harus disesuaikan dengan seberapa banyak dana yang dimiliki agar bisa disesuaikan.

Bagaimana? Apakah sudah paham dengan beberapa pembahasan terkait desain rumah minimalis bertingkat ini? Semoga dapat memberikan manfaat bagi anda.