Ingin Buat desain rumah minimalis ala eropa? Simak Tipsnya Berikut!

Salah satu ciri khas yang paling menonjol dari rumah klasik selain dilihat dari bentuknya adalah nilai seni yang ada didalamnya. Pada mulanya, desain klasik muncul sekitar akhir tahun 70-an atau pada awal tahun 80-an. Namun lambat laun desain ini mulai dilupakan oleh banyak orang karena dinilai kurang fleksibel dan tidak mencerminkan desain modern.

Namun dimasa-masa ini, banyak orang yang mulai melirik desain klasik. Namun dengan sedikit pengubahan pada desainnya seperti dibuat minimalis sehingga cocok untuk daerah perkotaan. Proses pembuatan rumah klasik yang lebih lama dan lebih detail juga berakibat pada pembiayaan yang lebih mahal, sehingga cenderung orang tidak menyukainya.

Mungkin sebagian orang mengenal rumah dengan desain klasik karena dilihat dari bentuk arsitekturnya saja. Padahal ada banyak ciri khas lain yang dapat kita mtemukan pada desain rumah klasik ini yaitu:

  1. Ruangan lebih luas

Ruangan yang dibuat dengan desain klasik ini lebih luas sehingga berakibat pada suhu udara yang lebih sejuk dan mampu menampung banyak orang. Selain itu, antar satu ruang dengan ruang lainnya pun dibat secara terpisah. Ruangan yang paling luas adalah ruang tamu.

  1. Komposisi bangunan yang simetris

Jika kita perhatikan, usungan desain klasik membawa komposisi bangunan yang simetris. Selain itu, faktor interior dan eksterior pun sangat diperhatikan. Bagian luar dan dalamnya pun mengusung fungsi yang lebih dari cukup. Sehingga bisa menampung berbagai hal saat ada keperluan.

  1. Plafon yang lebih tinggi

Walaupun jarak ketinggian plafon berbeda-beda antara satu rumah dengan rumah lainnya. Namun plafon yang dimiliki oleh rumah klasik tingginya selalu diatas 3,5 meter dari lantai. Bahkan kebanyakan rumah langsung terhubung ke atap tanpa dibuat plafon atau langit-langit yang terbuat dari gips atau eternit.

  1. Pemilihan material tertentu

Dalam pembangunannya, semua susunan material dipilih dengan seksama dan cermat. Hal ini bertujuan demi kekuatan dan keawetan rumah itu sendiri. Sebagai contohnya penggunaan inti kayu tertentu, besi cord, marmer atau bahan alam lainnya yang sangat terpilih.

  1. Tidak memiliki banyak model dan warna

Yang terakhir adalah bahwa rumah klasik memiliki model dan warna yang tidak terlalu menonjol. Misalnya untuk stylenya tidak dibuat yang terlalu berlebihan dan penggunaan warna yang kalem atau tidak mencolok. Saat ini rumah klasik sering digabungkan dengan rumah jenis modern. Misalnya dengan membangun dalam 2 lantai yang bisa dibuat lebih sempit dan dapat diaplikasikan di perkotaan.

Penentuan desain rumah minimalis ala eropa yang Tepat

Apabila anda berencana untuk membangun rumah dengan gaya klasik minimalis, maka alangkah baiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini.

  1. Memilih tipe rumah

Tipe rumah harus benar-benar diperhatikan guna bisa menentukan arah pengerjaan kedepannya. Anda bisa melihat dahulu berbagai contoh tipe rumah yang ada saat ini. Anda bisa menentukan berbagai macam tipe seperti halnya desain rumah minimalis ala eropa, rumah gaya eropa, gaya jawa, dan lainnya. Rancangan desain dapat dilakukan dengan mudah apabila kita sudah menentukan tipe rumah sesuai yang kita inginkan.

  1. Berkonsultasi kepada desainer

Kita akan sangat membutuhkan jasa desainer bila memang kita tidak bisa mendesain rumah sendiri. Dengan bantuan mereka, progress justru akan menjadi lebih mudah. Bila kita gunakan jasanya, berbagai macam tips, arahan, dan sara-saran penting pasti akan kita dapatkan. Apabila anda tertarik untuk menggunakan jasanya, maka tidak sekarang tidaklah sulit untuk menemukannya. Pasalnya diantara mereka banyak yang menyediakan jasa secara online disekitar kita.

  1. Perhatikan keuangan anda

Hal yang terakhir ini juga sangat perlu diperhatikan. Pasalnya, kita harus menyesuaikan keuangan dengan rumah yang akan dibuatnya nanti. Jika tiba-tiba ditengah proses uang kita sudah habis dulu kan malah akan mangkrak dan bisa rugi sendiri nantinya. Penyesuaian dana juga harus disesuaikan juga dengan berbagai macam hal seperti perencanaan, pemilihan tipe rumah, pembuatan detail desain dan lainnya agar dana habis sesuai rencana.

Demikianlah sedikit pembahasan mengenai berbagai macam tips untuk menentukan desain rumah minimalis ala eropa yang bisa anda pelajari. Semoga berguna bagi kita semua.