Hal-Hal yang Wajib Diperhatikan saat Membuat sketsa rumah minimalis satu lantai

Daya tarik rumah bisa terpancar dari keindahan desain arsitektur yang diusungnya. Kebanyakan orang menilai keindahan rumah dari desain arsitek yang diusungnya.

Jika anda hendak membuat rumah atau bangunan tertentu, maka penting sekali untuk membuat gambar dan sketsanya agar mempermudah pengerjaan nantinya. Dari segi interior ataupun eksterior, semua bagiannya harus dibuat secara detail agar rumah bisa terwujud sesuai dengan impian.

Karena sudah banyak contoh model rumah yang bisa dilihat dari internet, maka sekarang anda tidak akan kesulitan dalam menentukannya lagi. Keindahan rumah bisa terwujud dari kesuksesan seorang arsitek dalam membuat sketsa serta menggambar model rumah tersebut.

Teknik Menentukan sketsa rumah minimalis satu lantai yang Tepat

Membuat sketsa dan gambar untuk rumah atau bangunan lain tak semudah yang kita bayangkan. Ada berbagai macam pengetahuan dan kejelian yang harus dibutuhkan. Kondisi rumah secara nyata sangat dipengaruhi oleh ukuran gambar dan sektsa. Maka dari itu, bila ada kesalahan kecil dalam pembuatan sketsa, maka akan berpengaruh terhadap rumah nantinya.

Untuk itu, bila anda menggambar rumah tersebut ada beberapa hal yang wajib diperhatikan. Diantaranya meliputi:

  1. Sesuaikan dengan luas bangunan

Pertama-tama kita harus tentukan terlebih dahulu mengenai ukuran luas rumah yang ingin dibangun. Setelah itu perhatikan juga lokasi rumah kita, misal di perkotaan atau dipedesaan. Misalnya 21/46, 36/90, 28/70, 48/90. 72/90, 90/120, atau lainnya. Hal ini guna memudahkan setiap poin-poin yang akan dikerjakan nantinya.

  1. Tentukan model rumah yang ingin dibuat

Bangunan satu dengan lainnya tentunya memiliki model yang berbeda-beda. Contohnya 1 lantai untuk rumah A dan 3 lantai untuk rumah B. Untuk style ataupun gaya dari rumah pun perlu kita perhatikan. Misalnya pembuatan rumah klasik, rumah minimalis, ataupun rumah berbentuk modern.

  1. Buat denah rumah sederhana sebagai dasar

Nantinya denah dapat berperan penting sebagai penunjuk dalam membuat sketsa rumah minimalis satu lantai. Dasar dari penentuan pembuatan sketsa maupun gambar rumah adalah denah. Tanpa denah, kita tentunya akan kesulitan dalam menentukan arah dan penempatan ruangan yang tepat.

  1. kompleksitas ruangan dan detail dari sketsa

Kesesuaian rumah dengan fungsinya adalah bagian yang sangat perlu diperhatikan. Misalnya membuat ruang tamu sesuai kebutuhan, pembuatan kamar tidur sesuai jumlah anggota keluarga dan lainnya. Untuk itu, kita harus mengevaluasi dengan detail tentang sketsa yang telah kita buat. Jangan ada satupun ruangan yang terlewatkan.

Demikianlah beberapa langkah yang dapat dipraktikan saat ingin membuat sketsa rumah minimalis satu lantai. Bila kita memang memiliki keahlian, maka gunakan saja keahlian yang kita miliki. Namun bila tidak maka serahkan saja pada jasa arsitek. Agar waktu kita tidak habis dalam proses pembuatan rumah, maka gunakan saja jasa desain yang sudah berpengalaman.