Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Ingin Bangun rumah minimalis modern dan unik

Keterbatasan lahan rumah membuat banyak perubahan dalam berbagai bidang. Termasuk dalam hal pembangunan properti seperti rumah. Sehingga dampaknya adalah perubahan style rumah dari yang tadinya elbar menjadi maraknya tren rumah minimalis.

Perlu anda perhatikan, bahwa rumah minimalis modern dan unik bukan hanya mementingkan keindahan dari desain yang ada saja, melainkan nilai fungsinya juga diperhatikan. Maka dari itu, kompleksitas ruangan tidak ada yang tertinggal walau hanya 1 ruangan saja.

Inilah beberapa hal penting yang wajib diketahui oleh anda bila ingin membangun rumah dengan gaya minimalis modern:

  1. Cari inspirasi sebanyak-banyaknya tentang rumah minimalis modern dan unik

Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah dengan mencari inspirasi sebanyak-banyaknya yang kita bisa. Saat ini kita tidak perlu kesulitan lagi untuk mencari berbagai referensi rumah modern lagi. Internet telah mengubah segalanya, dan kita bisa memanfaatkan inspirasi dari internet tersebut.

Agar rumah bisa sesuai dengan kostumisasi kita, maka beragam gambar yang didapatkan dari internet bisa ditiru dan sedikit diubah sesuai dengan kebutuhan kita. Jadi apabila anda banyak mendapatkan berbagai referensi mengenai rumah minimalis modern dan unik, maka semakin mudah dalam mengembangkannya.

  1. Pahami desain interior dan eksterior

Dalam suatu tatanan desain rumah, antara eksterior dan interior harus seimbang. Mislanya bila kita berbicara mengenai interior, maka tentunya pemilihan berbagai macam jenis atap, penambahan funiture, dan masih banyak lagi merupakan hal-hal yang begitu penting untuk diperhatikan. Ciri khas yang harus dipertahankan dari rumah minimalis agar jangan sampai hilang adalah kesederhaannya.

Untuk bagian luar rumah pun tak kalah harus diperhatikan. Walau memiliki lahan yang minimalis, bila kita mampu mengaturnya dengan baik, maka hasilnya pun akan baik. Misalnya untuk rumah ukuran 21/36, tentunya sisa lahan untuk sekeliling rumah hanya 15 m2 saja. Namun bila kita bijak, maka lahan minim tersebut bisa digunakan untuk hal lain yang bermanfaat. Pemanfaatan lahan pekarangan berbeda-beda antara masing-masing orang. Misalnya ada yang suka dibuat taman dan ada pula yang dibuat keindahan. Namun itu lebih baik daripada tidak dimanfaatkan sama sekali.

 

  1. Gunakan desain 2 lantai

Tentunya kita sering melihat rumah minimalis yang memiliki 1 lantai dengan 2 atau 3 kamar tidur. Maka dari itu, rumah minimalis 2 lantai sekarang lebih digemari oleh banyak orang. Jika anda amati dengan detail berbagai jenis gambar rumah minimalis sederhana yang ada di internet, maka sebenarnya rumah yang memiliki 2 lantai akan tampak lebih elegan daripada rumah rumah yang memiliki 1 lantai saja.

Untuk meminimalisir kegagalan serta agar bangunan jadi sesuai dengan harapan, maka kita gunakan saja bantuan jasa arsitek.

Demikianlah berbagai macam hal-hal yang harus diperhatikan saat ingin membangun rumah minimalis modern dan unik. Semoga bisa bermanfaat bagi anda semuanya.