Desain taman halaman belakang rumah yang santai

Desain rumah dengan halaman belakang di hunian yang kami liput ini dirancang untuk tempat bersantai penghuni rumah. Dengan tata cahaya khusus dan pengolahan batu alam yang kreatif, area duduk di halaman belakang ini menjadi tempat beristirahat sekaligus tempat menyelenggarakan pesta terutama pada malam hari.

desain halaman belakang rumah

Awalnya, taman belakang dan kolam renang rumah ini kurang sedap dipandang mata Seiring dengan perubahan kebutuhan dan mengakomodasi gaya hidup pemilik, area duduk outdoor ini direnovasi menjadi tempat bersantai sekaligus sebagai tempat mengadakan acara bersama Ada tiga hal yang ingin diwujudkan pada renovasi ini. Pertama, sebuah gazebo permanen dibangun di pojok halaman belakang dengan orientasi ke arah kolam renang.

Kedua, kamar pembantu dibongkar dan diubah men- jadi bar sekaligus perluasan area dapur. Ketiga, area kolam renang diganti material finishing- nya dan dinding sekelilingnya dibuat lebih tinggi agar keamanan lebih terjaga Berdasarkan ke- butuhan ini, gazebo, bar. teras dan area kolam renang dibangun sesuai dengan konsep dan elemen ruangnya diolah dengan mengacu pada gaya natural modern.

GAZEBO DAN SELASAR

Berbeda dari wujud gazebo pada umumnya. gazebo berukuran 25 m x 2,5 m ini dirancang permanen, berupa konstruksi berupa empat buah kolom, atap beton dan selasar berkanopi terhubung ke konstruksi atap rumah. Kolom- kolom ini diberi finishing cat warna cokelat yang dikombinasikan dengan batu andesit sedangkan kanopi pada selasar terbuat dari kerangka kayu dan penutup dari polycarbonat. Lantai gazebo dibuat lebih tinggi dan diisi de-ngan seperangkat sofa yang terbuat dari bam-bu menghadap ke arah kolam renang. Salah satu dinding ditutup dengan batu andesit dan dipadukan dengan sepasang ambalan untuk tempat memajang koleksi benda seni, Agar suasana lebih hidup, kolom-kolom tersebut dipasangi lampu jenis uplight dan downlight yang tahan air khusus unluk outdoor.

Bar dan Teras

lde kreatif dari desain bar ini adalah berupa bu- kaan yang lebar dilengkapi dengan daun jen- dela geser-dan-lipat yang dapat memaksimalkan pandangan terhadap dapur, gazebo dan kolam renang. Pendekatan desain ini dapat menam- pung kebiasaan pemilik saat menjamu para kerabat ketika pesta diselenggarakan. De-ngan bukaan yang lebar ini, kolom struktural pada bagian bangunan harus diperkuat agar dapat menahan beban terhadap ruangan di lantai atasnya. Selanjutnya, meja bar dari kayu dihias dengan deretan ubin keramik bermo-tif daun. Dinding di bawah meja bar ditutup dengan susunan batu templek warna cokelat yang dipadukan dengan batu koral warna putih dan lampu jenis pencahayaan tidak langsung.

Bantal-bantal beberapa buah kursi bar dari rotan dilapisi kain warna merah. Salah satu dinding area bar dicat warna cokelat serupa dengan kolom-kolom gazebo sedangkan sebagian lantai teras ditutup dengan batu templek warna hitam. Teras ini diisi dengan seperangkat meja dan kursi makan sehingga tempat ini cocok untuk tempat sarapan pagi sambil menikmati segarnya air kolam dan hi- jaunya rumput dengan deretan pohon palem di sekeliling halaman belakang ini, Beberapa lampu outdoor menambah cantiknya area ini.

Kolam renang

Agar harmonis dengan area gazebo, bar dan teras, maka bahan finishing lantai dasar kolam renang diganti dengan batu jenis bali green se- dangkan bagian bibir kolam ditutup dengan batu andesit, Dinding di sekeliling kolam renang juga ditutup dengan batu paras Jogja beserta ukiran dekoratifnya yang dikombinasikan dengan batu andesit dan cat warna hijau.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *