Cara Menentukan desain rumah minimalis keren yang Benar

Salah satu ciri khas yang paling menonjol dari rumah klasik selain dilihat dari bentuknya adalah nilai seni yang ada didalamnya. Awal mula penggunaan desain klasik pada rumah sebenarnya terjadi pada awal tahun 80-an atau akhir tahun 70-an. Karena bentuknya yang khas, desain ini tidak cocok diaplikasikan di perkotaan. Sehingga lambat laun desain klasik mulai ditinggalkan.

Namun dimasa-masa ini, banyak orang yang mulai melirik desain klasik. Namun dengan sedikit pengubahan pada desainnya seperti dibuat minimalis sehingga cocok untuk daerah perkotaan. Bila dibandingkan dengan pembuatan desain modern, desain tipe satu ini selalu menyertakan bahan alam seperi halnya kayu.

Mungkin sebagian orang mengenal rumah dengan desain klasik karena dilihat dari bentuk arsitekturnya saja. Padahal ada banyak ciri khas lain yang dapat kita mtemukan pada desain rumah klasik ini yaitu:

  1. Ruangan lebih luas

Jika anda pernah mengunjungi rumah bergaya klasik, pasti merasakan rumah lebih adem dan sejuk walau tidak menggunakan kipas ataupun AC. Ruang tamu adalah ruang yang paling besar dari semua ruangan. Karena ruangan ini biasa digunakan untuk menerima tamu saat hari-hari tertentu.

  1. Komposisi bangunan yang simetris

Ciri khas selanjutnya adalah bahwa rumah yang mengusung desain klasik memiliki komposisi bangunan yang simetris. Bagian luar dan dalamnya pun mengusung fungsi yang lebih dari cukup. Sehingga bisa menampung berbagai hal saat ada keperluan.

  1. Plafon yang lebih tinggi

Walaupun jarak ketinggian plafon berbeda-beda antara satu rumah dengan rumah lainnya. Namun plafon yang dimiliki oleh rumah klasik tingginya selalu diatas 3,5 meter dari lantai. Bahkan tak jarang rumah dibuat langsung ke atap tanpa dibuat plafon dari gips atau eternit. Hal ini agar nampak lebih leluasa.

  1. Pemilihan material tertentu

Dalam pembangunannya, semua susunan material dipilih dengan seksama dan cermat. Hal ini bertujuan demi kekuatan dan keawetan rumah itu sendiri. Misalnya pemilihan genteng dibandingkan seng, penggunaan besi chord, pemilihan marmer dibanding keramik biasa dan lainnya.

  1. Tidak memiliki banyak model dan warna

Selanjutnya adalah bahwa rumah klasik tidak memiliki model maupun warna yang terlalu menonjolkan diri. Pasalnya hal ini dibuat agar menonjolkan sifat kalem tersebut. Di era saat ini, rumah klasik banyak yang menonjolkan sifat modern. Misalnya pembuatan 2 lantai dibandingkan 1 lantai.

Hal yang Wajid Diketahui Sebelum Membuat desain rumah minimalis keren

Bila anda tertarik untuk memiliki rumah dengan bercirikan tempo dulu bergaya klasik, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Diantaranya adalah:

  1. Memilih tipe rumah

Untuk bisa memilih tipe rumah yang tepat adalah kita harus banyak banyak membaca referensi dari berbagai macam sumber. Anda bisa menentukan berbagai macam tipe seperti halnya desain rumah minimalis keren, rumah gaya eropa, gaya jawa, dan lainnya. Kita dapat menentukan desain yang tepat setelah tahap ini kelar. Sehingga berbagai macam tahap seperti pembuatan sketsa, perancangan dan lainnya dapat segera dibuat.

  1. Berkonsultasi kepada desainer

Agar proyek pembuatannya dapat berjalan dengan lancar, maka menggunakan jasa desainer merupakan pilihan yang utama. Ada berbagai keuntungan yang kita dapatkan bila menggunakan jasa mereka. Misalnya mendapatkan saran, arahan penting, dan juga tips terbaiknya. Saat ini anda tidak perlu kesulitan lagi dalam menemukan jasanya. Karena banyak dari mereka yang menyediakan penawaran jasa secara online disekitar kita.

  1. Perhatikan keuangan anda

Memperhatikan budget merupakan faktor yang tak kalah penting untuk diperhatikan. Pasalnya bila tidak merencanakan budget dari awal, lalu tiba-tiba kehabisan dana ditengah progress, tentunya akan menimbulkan masalah tersendiri. Untuk itu, menyesuaikan keuangan ini penting guna bisa dijadikan patokan mulai dari pemilihan material hingga pemilihan tipe rumah itu sendiri.

Demikianlah pembahasan mengenai berbagai macam tips menentukan desain rumah minimalis keren yang bisa anda pelajari. Sehingga ketika ingin membuat rumah dengan style tempo dulu ini sudah tahu gambarannya.