Cara Membuat rumah minimalis modern tingkat yang Baik dan Benar

Tren rumah minimalis yang saat ini lebih digemari oleh banyak orang disebabkan tak lain tak bukan karena penyempitan lahan yang bisa digunakan untuk rumah di daerah perkotaan.

Perlu anda perhatikan, bahwa rumah minimalis modern tingkat bukan hanya mementingkan keindahan dari desain yang ada saja, melainkan nilai fungsinya juga diperhatikan. jadi walau memiliki bentuk rumah yang minimalis, namun berbagai kebutuhan akan ruang tidak ada yang ditinggalkan.

Berikut adalah beberapa hal yang wajib anda perhatikan bila ingin membuat rumah minimalis dengan gaya modern:

  1. Cari inspirasi sebanyak-banyaknya tentang rumah minimalis modern tingkat

Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah dengan mencari inspirasi sebanyak-banyaknya yang kita bisa. Saat ini kita tidak perlu kesulitan lagi untuk mencari berbagai referensi rumah modern lagi. Internet telah mengubah segalanya, dan kita bisa memanfaatkan inspirasi dari internet tersebut.

Dari berbagai referensi dari internet tersebut, nantinya bisa kita jadikan sampel untuk dikembangkan labih lanjut. Alangkah baiknya untuk mencari referensi rumah minimalis modern tingkat sebanyak-banyaknya agar kita mudah mengembangkan ide dan mendapatkan gambaran yang lebih terarah.

  1. Pahami desain interior dan eksterior

Desain interior maupun eksterior sama-sama penting dalam keseimbangan rumah. Ada banyak hal yang mempengaruhi faktor interior dan juga eksterior baik dari segi fungsi dan visual. Misalnya mengenai penggunaan bentuk atap rumah, pemilihan furniture, penentuan warna dinding yang tepat dan lainnya. Rumah minimalis seharusnya dibuat dengan minim hiasan. Sehingga tidak tampak sesak dan penuh karena selalu tampak ciri khasnya berupa kesederhanaan.

Demikian pula untuk eksterior, bila ingin membuat taman dengan tambahan kolam, tanaman pagar hingga lahan parkir, maka harus dibuat seproporsional mungkin. Jika kita berbicara mengenai rumah minimalis, lahan yang dimiliki selain untuk bangunan tentunya memiliki ruang yang sempit. Namun bila kita dapat mengaturnya dengan baik, pasti akan memberi manfaat tersendiri bagi kita. Jadi lingkungan sekitar itu harus difungsikan semaksimal mungkin. Bila memang dirasa tidak diperlukan dan hanya membuat sesak, maka tinggalkan saja.

  1. Gunakan desain 2 lantai

Rumah minimalis yang menggunakan 1 lantai pasti akan terasa sangat sesak bila dipakai untuk lebih dari 2 anggota keluarga. Maka dari itu, rumah minimalis 2 lantai sekarang lebih digemari oleh banyak orang. Rumah 1 lantai jika kita amati lebih dalam juga tampak kurang elegan daripada rumah yang menggunakan 2 lantai atau lebih. Jadi selain memberikan nilai fungsi, rumah dengan 2 lantai juga lebih tampak indah.

Konsultasi kepada seorang desain arsitek dalam hal ini sangatlah diperlukan. Pasalnya bila tidak berkonsultasi kepada mereka, hasilnya nanti bisa tidak sesuai harapan dan bahkan terjadi kegagalan.

Bagi anda yang ingin membangun rumah minimalis modern tingkat, maka perhatikan saja ketiga poin di atas agar bisa memiliki rumah yang sesuai dengan keinginan.