Buat desain rumah minimalis classic Jadi Lebih Indah dengan Trik Berikut!

Rumah klasik selain memiliki style dengan usungan tempo dulu juga memiliki nilai seni yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan tipe modern yang ada kebanyakan saat ini. Akhir tahun 70-an, desain rumah klasik mulai menyebar dan digunakan oleh sebagian orang-orang yang mampu dikala itu. Namun lambat laun desain ini mulai dilupakan oleh banyak orang karena dinilai kurang fleksibel dan tidak mencerminkan desain modern.

Sekang mulai berubah kembali. Para desainer mulai menggunakan desain klasik sebagai campuran dari desain modern karena minat orang akan desain klasik semakin banyak. Salah satu yang menjadi kendala dalam pembuatan rumah berdesain klasik ini adalah kebutuhan bahan alam seperti kayu begitu tinggi sehingga membutuhkan biaya yang lebih banyak.

Salah satu hal yang menjadi ciri khas dari desain rumah klasik adalah style arsitektur yang dimilikinya. Namun tak hanya itu saja ciri khasnya, ada banyak ciri khas lain yang dapat ditemukan di rumah klasik tersebut. Diantaranya meliputi:

  1. Ruangan lebih luas

Jika anda pernah mengunjungi rumah bergaya klasik, pasti merasakan rumah lebih adem dan sejuk walau tidak menggunakan kipas ataupun AC. Jendela yang mereka buat pun lebih besar sehingga udara segar lebih banyak yang masuk. Antar satu ruang dengan ruangan yang lainnya pun dibuat secara terpisah.

  1. Komposisi bangunan yang simetris

Jika kita perhatikan, usungan desain klasik membawa komposisi bangunan yang simetris. Selain itu, faktor interior dan eksterior pun sangat diperhatikan. Faktor internal dan eksternal pun biasanya dibuat lebih dari kebutuhan. Hal ini fungsinya sebagai tempat untuk menampung suatu hal bila sedang diperlukan.

  1. Plafon yang lebih tinggi

Salah satu ciri dari rumah klasik adalah bahwa pembuatan plafonnya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan rumah modern. Ketinggiannya bisa mencapai lebih dari 3,5 meter. Bahkan seringkali rumah dibuat tanpa menggunakan langit-langit atau plafon, yaitu langsung terhubung ke atap.

  1. Pemilihan material tertentu

Material yang digunakan untuk rumah klasik pun tidak seperti rumah modern. Salah satu kelebihannya adalah memiliki materialnya mementingkan keawetan dan kekuatan. Rumah klasik lebih tampak premiun karena pemilihan material yang tepat tersebut. Misalnya marmer, inti kayu yang kuat dan juga chord besi.

  1. Tidak memiliki banyak model dan warna

Yang terakhir adalah bahwa rumah klasik memiliki model dan warna yang tidak terlalu menonjol. Misalnya untuk stylenya tidak dibuat yang terlalu berlebihan dan penggunaan warna yang kalem atau tidak mencolok. Saat ini rumah klasik sering digabungkan dengan rumah jenis modern. Misalnya dengan membangun dalam 2 lantai yang bisa dibuat lebih sempit dan dapat diaplikasikan di perkotaan.

Hal yang Wajid Diketahui Sebelum Membuat desain rumah minimalis classic

Bila anda tertarik untuk memiliki rumah dengan bercirikan tempo dulu bergaya klasik, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Diantaranya adalah:

  1. Memilih tipe rumah

Tipe rumah wajib kita perhatikan secara matang guna dapat menentukan arah pengerjaan rumah kedepannya. Misalnya rumah klasik mewah, rumah klasik gaya eropa, gaya jawa, gaya modern 1 lantai atau 2 lantai, desain rumah minimalis classic atau sederhana dan lainnya. Kita dapat menentukan desain yang tepat setelah tahap ini kelar. Sehingga berbagai macam tahap seperti pembuatan sketsa, perancangan dan lainnya dapat segera dibuat.

  1. Berkonsultasi kepada desainer

Jika anda bukan seorang desainer, maka berkonsultasi kepada jasa arsitek atau desainer sangat berguna demi kelancaran progress. Dengan kita berhubungan dengan mereka, maka tentunya berbagai saran, tips, hingga arahan-arahan akan dibantu sepenuhnya. Saat ini anda tidak perlu kesulitan lagi dalam menemukan jasanya. Karena banyak dari mereka yang menyediakan penawaran jasa secara online disekitar kita.

  1. Perhatikan keuangan anda

Kita bisa rugi besar bila tidak memperhatikan poin terakhir ini. Bila kehabisan uang dan proyek gagal ditengah jalan, pasti kita sendiri yang akan menyesal. Untuk itu budget harus direncanakan sedari awal. Misalnya bila terjadi pemilihan tipe rumah yang salah, tentunya budget akan melenceng jauh dari perencanaan. Maka dari itu, perhatikan hal-hal lain juga yang terkait dengan budget.

Bagaimana? Apakah sudah paham dengan beberapa pembahasan terkait desain rumah minimalis classic ini? Semoga dapat memberikan manfaat bagi anda.