Bagaimana Menentukan jasa desain rumah dua lantai Yang Tepat dan Berkualitas ? Berikut Tips-Tipsnya !

Jika Anda ingin membangun rumah dengan bentuk / gaya desain yang unik , berbeda dengan lainnya maka sangat memerlukan jasa desain rumah dua lantai. Banyak tempat yang menyiapkan jasa untuk membuat konsep desain hunian seperti yang anda impikan. Namun, ada beberapa hal yang harus anda pertimbangkah terlebih dahulu.

Hal pertama yaitu, cari tahu dimana saja tempat yang menyediakan jasa desain rumah.  Di zaman sekarang ini , Anda bisa menggali informasi tentang perusahaan design rumah melalui media internet ataupun bertanya kepada beberapa kenalan. Yang kedua yaitu, mencari informasi mengenai perusahaan tersebut dan pengalaman kerjanya. Ketika sudah menemukan jasa yang tepat untuk mendesain rumah anda , anda bisa melihat bagaiamana hasil rekam jejak atau riwayat kerja jasa tersebut.

Lalu bagaimana kah hasil rekam jejaknya apakah banyak konsumen yang puas, siapa saja kah yang pernah menggunakan jasa tersebut,  lalu bagaiaman hasil portofolionya , dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan pengerjaan desain rumah atau bangunan anda.

Harga Jasa Design Rumah

Yang ketiga adalah tentang biaya yang di tawarkan. Semakin bagus design rumah yang dihasilkan maka biaya yang harus dibayarkan semakin tinggi. Harga yang mahal untuk jasa tersebut juga di pengaruhi beberapa hal, diantaranya :

  • Desain bangunan yang sulit.
  • Waktu pengerjaan yang terbatas.
  • Nama perusahaan yang menyediakan jasa desain hunian, semakin perusahaan tersebut dikenal banyak orang semakin tinggi tarifnya.

Fasilitas Dalam Jasa Desain Rumah

Setiap jasa desain rumah pasti memiliki ketetapan sendiri dengan area kerja yang berbeda antara satu dan lainnya. Misalnya ada tempat design rumah yang hanya bisa melakukan design baik untuk arsitekturnya ataupun untuk interior dan eksterior namun harus bekerja sama dengan yang lain untuk membangun rumah tersebut. Ada juga jasa design rumah yang menawarkan paket lengkap yaitu selain jasa untuk mendesain rumah namun juga dilengkapi layanan untuk membangun rumah tersebut.Pilihlah sesuai dengan kebutuhan Anda. Agar anda lebih faham dan tidak salah dalam memilih jasa desain rumah, sebaiknya anda bisa menanyakan ke perusahaan penyedia jasa tersebut mengenai area kerja dan fasilitas yang mereka berikan.

Syarat dan Ketentuan Jasa Desain Rumah

Masing-masing menyedia jasa desain rumah juga memiliki syarat serta ketentuan sendiri-sendiri agar Anda dapat menggunakan jasa tersebut. Tanyakan terlebih dahulu apa saja syarat dan ketentuan yang berlaku sebelum Anda resmi menggunakan jasa desain itu. Lihat dengan hati-hati dan teliti  apakah ada bagian dari kontrak yang kurang sesuai ataupun isi dari kontrak yang kurang anda pahami sehingga anda dapat menanyakan dahulu sebelum anda menyetujui kesepakatan tersebut.

Konsep Rumah Minimalis Dalam Jasa Desain Rumah

Disebabkan karena lahan untuk membangun rumah yang semakin lama semakin sedikit tidak heran jika saat ini banyak yang memilih untuk membangun rumah secara minimalis. Faktor lain yang menyebabkan masyarakat membangun rumah secara simple yaitu :

  • Keterbatasan biaya untuk membangun rumah yang lebih besar.
  • Hanya untuk keluarga yang anggotanya tidak terlalu banyak, misalkan 4 orang.
  • Keinginan dari individu itu sendiri.
  • Menginginkan halaman rumat terlihat lebih luas daripada bangunan rumah itu sendiri.

Misalnya, rumah yang memiliki tiga tempat tidur berukuran kecil, dua ruang tidur, serta desain rumah terbuka sehingga tidak terdapat sekat antara ruangan satu dengan ruangan lain kecuali kamar tidur serta kamar mandi. Hal ini akan membuat efek ruangan yang tampak lebih luas. Sebuah rumah juga bermacam-macam tipenya ada yang hanya memiliki 2 kamar tidur atau 3 kamar tidur dengan ukuran yang kecil dan ada juga yang menerapakan desain rumah terbuka sehingga ruangan satu dengan yang lainnya terlihat lebih luas, dan biasanya itu di terapkan di kamar tidur dan kamar mandi yang tanpa sekat. Setidaknya terdapat tiga tipe rumah minimalis yang dapat Anda pilih dalam jasa desain rumah dua lantai. Ketiganya adalah:

  • Tipe 36 adalah tipe yang ideal untuk hunian dengan desain minimalis.
  • Bangunan dengan panjang 6m² x lebar 5m²  di atas lahan 30m² anda bisa membangun rumah yang nyaman meskipun ukuran lahannya tidak terlalu luas.
  • Tipe 45 merupakan tipe yang paling diminati masyarakat.
  • Biasanya , tipe 45 ini berlantai 2 karena agar bisa dibuat ruangan yang lebih banyak walaupun dibangun di tanah yang sedang , tidak besar juga tidak terlalu kecil.
  • Tipe 54 yang merupakan rumah minimalis paling besar sehingga memiliki ruangan yang lebih luas dan bisa dibuat lebih banyak ruang walaupun hanya dibuat 1 lantai.